visitaaponce.com

DKI Ajukan Tiga Nama Calon Sekda ke Presiden

DKI Ajukan Tiga Nama Calon Sekda ke Presiden
Petugas menata tanaman di sekitar Bundaran HI Jakarta.(MI/Fransisco Carolio)

BADAN Kepegawaian Daerah (BKD) DKI Jakarta akan mengirim tiga calon nama Sekretaris Daerah (Sekda) DKI kepada Presiden Joko Widodo dalam waktu dekat.

Kepala BKD DKI Chaidir membenarkan bahwa ada tiga kandidat Sekda DKI yang lolos ke tahap akhir. Rinciannya, Asisten Sekda DKI Bidang Perekonomian dan Keuangan Sri Haryati, yang juga menjadi Penjabat Sekda DKI saat ini. 

Kemudian, ada Wali Kota Jakarta Selatan Marullah Mataliti dan Wali Kota Jakarta Utara Sigit Wijatmoko, yang juga lolos tahap akhir untuk mengisi jabatan Sekda DKI.

"Tahap selanjutnya diserahkan ke Presiden. Lalu, Tim Penilai Akhir (TPA) Presiden akan menilai dan memilih satu dari tiga itu untuk disetujui Presiden," jelas Chaidir saat dikonfirmasi, Jumat (11/12).

Baca juga: Kasus Covid-19 Terus Naik, DPRD DKI: Prokes Perlu Dievaluasi Lagi

Apabila sudah disetujui Kepala Negara, nama Sekda DKI terpilih akan diserahkan kembali ke Pemprov DKI Jakarta untuk pelantikan.

"SK Presiden akan diserakan ke Gubernur DKI untuk dilanjutkan pelantikan oleh Gubernur DKI dan atau Menteri Dalam Negeri," imbuh Chaidir.

Diketahui, posisi Sekda DKI Jakarta kosong setelah Saefullah wafat pada 16 September lalu, karena terpapar covid-19. Saefullah menjabat Sekda DKI paling lama. Sebab, dia sudah bertugas sebagai Sekda DKI sejak kepemimpinan mantan Gubernur DKI Joko Widodo pada 2014,

Saefullah juga merasakan kepemimpinan tiga Gubernur DKI lain, yakni Basuki Tjahaja Purnama, Djarot Syaiful Hidayat, hingga Anies Baswedan.(OL-11)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat