visitaaponce.com

1.304 PMKS di Jakarta Ditertibkan Sepanjang Ramadan

1.304 PMKS di Jakarta Ditertibkan Sepanjang Ramadan          
Petugas melakukan razia PMKS di Jakarta Timur(Antara/Fakhri Hermansyah)

KEPALA Satpol PP DKI Jakarta Arifin mengatakan, Pemprov DKI Jakarta menertibkan sebanyak 1.304 penyandang masalah kesejahteraan sosial (PMKS) selama Ramadan ini. PMKS ini terdiri dari para pengemis, manusia gerobak, dan gelandang. Di antara jumlah tersebut juga terdapat 178 orang pengamen ondel-ondel.

Penjangkauan itu dilakukan oleh Satpol PP DKI Jakarta dan Dinas Sosial DKI Jakarta. Para PMKS ini kemudian dalam program Asih Asuh. Dalam program ini, para PMKS yang terjaring diskrining covid-19 dengan tes cepat antigen. 

"PMKS yang dijangkau baik itu oleh kami maupun Dinsos ada 1.304 orang. Itu kita lakukan pendataan dan skrining pemeriksaan antigen," kata Arifin, di Gedung DPRD DKI Jakarta, Senin (26/4).

Bagi PMKS yang tidak memiliki keluarga di sekitar Jakarta maka akan difasilitasi untuk dibina di panti-panti sosial yang ada di bawah pengelolaan Dinsos DKI.

Baca juga : PDIP-P: Klaster Perkantoran Naik karena Kaum Terdidik Abai Prokes

"Yang tidak ada keluarga yang memang masuk kategori PMKS tadi, mereka didorong ke panti-panti sosial yang ada. Jadi seperti itu. Lebih dari 1.300 an orang. Sebagian besar sudah kita kirimkan ke panti-panti sosial yang ada di Dinsos," terangnya.

Di sisi lain, pihaknya juga akan terus melakukan pengawasan terhadap pengamen ondel-ondel yang kini makin marak berkeliling di Jakarta.

Satpol PP DKI Jakarta dalam menjangkau pengamen ondel-ondel dan PMKS berpegang pada Perda No 8 tahun 2007 tentang Ketertiban Umum. (OL-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat