visitaaponce.com

Anies Baswedan Gelar Gerebek Lumpur Perbesar Daya Tampung Kali

Anies Baswedan Gelar Gerebek Lumpur Perbesar Daya Tampung Kali
Petugas dari Dinas Sumber Daya Air Jakarta Pusat menggunakan alat berat saat melakukan pengerukan lumpur di Kali Veteran, Gambir.(MI/Andri Widiyanto.)

UNTUK mengantisipasi banjir pada musim hujan tahun ini, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menggelar Gerebek Lumpur. Kegiatan ini merupakan upaya pengerukan sedimen lumpur dan sampah dengan menggunakan alat berat secara masif dan serentak di lima wilayah Kota Jakarta.

"Kegiatan ini telah dimulai sejak 24 Maret 2021 di wilayah Jakarta Timur dan dilanjutkan empat wilayah kota lain secara bertahap mulai September hingga Desember 2021," kata Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melalui akun Instagram resminya, @aniesbaswedan, di Jakarta, Sabtu (2/10). Ia menjelaskan, kegiatan ini merupakan upaya pengerukan sedimen lumpur dan sampah dengan menggunakan alat berat secara masif dan serentak di lima wilayah Kota Jakarta.

Dalam kegiatan ini, lanjut Anies, Pemprov DKI Jakarta mengerahkan sebanyak 408 personel dari lima wilayah kota, dilengkapi 46 alat berat excavator amphibi dan 123 dump truck. Dia mengatakan, Gerebek Lumpur merupakan upaya meningkatkan daya tampung sungai pada musim penghujan.

"Pengerukan sedimen lumpur dan sampah dilakukan sebagai upaya meningkatkan volume tampungan air di kali atau sungai pada saat musim hujan serta melancarkan aliran air yang tersumbat sampah," kata Anies. Meski terus dilakukan normalisasi sungai, Anies mengingatkan tetap perlu peran dan kerja sama warga untuk disiplin membuang sampah pada tempatnya.

"Begitu juga menjaga kebersihan lingkungan untuk mencegah terjadinya genangan saat musim penghujan," katanya. (OL-14)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat