visitaaponce.com

Pemprov DKI Bakal Cegah dan Halau PMKS Masuk Jakarta Selama Ramadan

Pemprov DKI Bakal Cegah dan Halau PMKS Masuk Jakarta Selama Ramadan
Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) sedang duduk di Kawasan Kuningan, Jakarta.(MI/ANDRI WIDIYANTO)

PEMPROV DKI Jakarta bakal melakukan antisipasi untuk menghalau pengemis musiman atau penyandang masalah kesejahteraan sosial (PMKS) yang kerap mendatangi Ibukota saat Ramadan.

Tak dapat dipungkiri, Jakarta masih menjadi magnet bagi para warga dari luar kota untuk mengais rezeki dari kedermawanan warga selama Ramadan.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengungkapkan seperti tahun-tahun sebelumnya, petugas dari Dinas Sosial dan Suku Dinas Sosial di lima wilayah kota administrasi bakal bersiaga untuk mengahalau para PMKS musiman tersebut.

"Ya memang itu betul sekali, jadi biasanya jelang musim atau bulan suci Ramadan diikuti dengan peningkatan ya, mohon maaf, yang minta-minta bantuan khsusunya di jalan-jalan pengemis dan sebagainya," ungkap Ariza di Balai Kota, Senin (28/3).

Tidak hanya petugas Dinas Sosial, petugas Satpol PP juga akan diikutsertakan untuk melakukan penertiban terhadap PMKS tersebut.

Dihubungi terpisah, Kepala Sudinsos Jakarta Barat, Suprapto, mengatakan tempat-tempat rawan yang kerap didatangi dan diramaikan oleh kehadiran PMKS adalah masjid-masjid.

Baca juga: Polisi Bekuk Suami yang Jual Istri ke Pria Hidung Belang

"Iya kalau di Jakarta Barat itu yang banyak itu di masjid-masjid. Mereka ramai minta sedekah di sana," kata Suprapto.

Para PMKS musiman di wilayah Jakbar umumnya berasal dari wilayah Tangerang dan sekitarnya. Jika tertangkap petugas, para PMKS musiman akan diminta segera pulang ke daerah asalnya. Namun, jika berkali-kali terkena razia petugas, pihaknya tak segan memberikan teguran yang lebih keras.

"Kalau sudah berkali-kali nanti ada surat pernyataan yang harus ditandatangani bahwa yang bersangkutan tak akan datang menjadi PMKS di Jakarta lagi," tegasnya.

Ia pun secara khusus akan menempatkan petugas untuk berkeliling tidak hanya ke jalan-jalan raya tetapi juga ke masjid-masjid besar di Jakbar guna menghalau PMKS musiman. Hal ini dilakukan guna menjamin ketenangan warga dalam beribadah selama Ramadan. (OL-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Akhmad Mustain

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat