visitaaponce.com

Terminal Lebak Bulus Mulai Dipadati Pemudik

Terminal Lebak Bulus Mulai Dipadati Pemudik
Calon penumpang menunggu bus keberangkatan ke beberapa daerah di Timur Jawa di terminal bayangan Lebak Bulus, Jakarta(MI/Susanto)

PENGELOLA Terminal Lebak Bulus, Jakarta Selatan, memperkirakan lonjakan jumlah penumpang saat arus mudik tahun 2022 masih terus terjadi hingga H-2 Lebaran.

Sekarang pun para pemudik telah memadati Terminal Lebak Bulus, Jakarta Selatan, sejak H-9 dan H-8 atau Sabtu (23/4) dan Minggu (24/4). Total sebanyak 700 pemudik per hari.

Kepala Terminal Lebak Bulus,Hernanto,mengatakan, jumlah penumpang atau pemudik bus antarkota antarprovinsi (AKAP) pada H-8 dan H-9, itu umumnya paling banyak ke daerah Jawa.

"Rute terbanyak itu di Jawa, misalnya, Jawa Barat ke Kuningan. Kemudian Jawa Tengah dan Jawa Timur," ujar Hernanto saat dihubungi, di Jakarta, Senin (25/4).

Sementara untuk lintas Sumatera, pemudik paling banyak ke daerah Padang. Selain pada momen Lebaran 2022, pemudik ke wilayah Padang itu sudah terjadi Hari Raya Idul Fitri sebelum terjadi pandemi Covid-19.

"Kalau untuk wilayah Sumatera itu biasanya ke Padang," ujar Hernanto.

Baca juga: Dishub DKI: Ganjil Genap Tidak Berlaku Selama Libur Lebaran

Pengelola Terminal Lebak Bulus sebelumnya juga memberikan kelonggaran untuk calon penumpang yang ingin mudik, tetapi yang belum melakukan vaksinasi hingga dosis ketiga atau booster.

Masyarakat yang baru menerima suntik vaksin Covid-19 sampai dosis kedua masih diperbolehkan untuk mudik. Hanya saja, ada persyaratan tambahan yang perlu dipenuhi yakni menunjukkan hasil swab antigen.

Kebijakan itu mengikuti aturan yang ditetapkan pemerintah.

Pemeriksaan atau ramp check untuk bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) di Terminal Lebak Bulus, Jakarta Selatan, juga sudah dilakukan pada Senin, ini.

Pemeriksaan terhadap armada pengangkut pemudik dilakukan oleh pengujian kendaraan bermotor (PKB) Jagakarsa, Jakarta Selatan.

Sedangkan untuk pemeriksaan sopir dan awak bus AKAP juga dilakukan oleh tim medis dari Dinas Kesehatan DKI Jakarta.(OL-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Akhmad Mustain

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat