visitaaponce.com

H5 Arus Balik Lebaran Melalui Terminal Jatijajar Depok Masih Sepi

H+5 Arus Balik Lebaran Melalui Terminal Jatijajar Depok Masih Sepi
Pemudik arus balik setelah tiba di Terminal Kampung Rambutan, Jakarta(MI/RAMDANI)

ARUS balik melalui Terminal Jatijajar, Kota Depok, Jawa Barat (Jabar) pada Selasa (16 /4) atau H+5 Lebaran 2024 masih tampak sepi.

Kepala Terminal Jatijajar, Asri Imanuel Sinuraya memprediksi puncak arus balik akan terjadi beberapa hari ke depan atau H+7 Kamis (18/4).

Perkiraan itu didasari karena sekolah akan masuk dan melakukan proses belajar mengajar Jumat (19/4).

Baca juga : Mudik Lebaran 2023, Ratusan Orang Diberangkatkan dari Terminal Jatijajar Depok

"Tiga hari lagi kan sekolah (SD, SMP, SMA,SMK) mulai masuk sehingga pemudik-pemudik yang melakukan mudik Lebaran di kampung halaman pasti akan balik," kata Asri, Selasa (16/4).

Asri memaparkan pada H+4 Lebaran penumpang yang balik melalui Terminal Jatijajar masih sepi yakni hanya 1380 orang yang diangkut 626 bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP).

"Masalah itu tadi sekolah masih libur, termasuk pekerja non-pemerintah yang tidak diwajibkan balik dari daerah," ucapnya.

Baca juga : Pemudik Diperkirakan Mulai Padati Terminal Giwangan pada H-10.

Bus angkutan Lebaran melalui Terminal Jatijajar didominasi bus AKAP. Bus tersebut beroperasi melayani wilayah Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur dan Sumatera.

" Mengacu pada arus mudik Lebaran H-1 hingga H-7 yang begitu banyak yakni mencapai 29 ribu orang, seharusnya sudah balik di H+4 sejurus dengan masa cuti bersama yang ditetapkan pemerintah, " ujarnya.

Asri mengingatkan agar warga yang yang akan melakukan arus balik lebaran kembali ke Kota Depok untuk selalu berhati-hati sehingga selamat sampai tujuan.

Baca juga : Dishub Depok Sebar 300 Personel untuk Amankan Angkutan Lebaran

“Bagi warga yang balik dihimbau supaya menjaga keselamatan dan lebih berhati-hati, berhentilah ditempat yang ramai,” paparnya.

Penting diperhatikan lanjut Asri, stamina pengemudi bus harus tetap terjaga sehingga dalam perjalanan jangan sampai menjadi lelah, maupun mengantuk ketika bawa bus.

“Stamina penting diperhatikan, terlebih bagi mereka yang membawa penumpang dalam arus balik ini. Jadi harus dipastikan kondisi saat melakukan arus balik lebaran aman dan lancar,” tambah lagi.

Baca juga : Dishub DKI Temukan 243 Bus Mudik tidak Laik Jalan

Dikatakan Asri, kesiapan kelayakan kendaraan dan stamina sangatlah penting diperhatikan atau jangan sampai terabaikan ketika warga melakukan aktivitas balik lebaran.

Terlebih jika melihat pengalaman selama ini, terdapat banyak kasus kecelakaan lalu lintas yang terjadi di momen arus mudik dan balik lebaran.

Terlepas dari itu, Asri meminta sopir harus lebih siap. " Jadi saya ingatkan bagi warga yang akan balik lagi pasca lebaran, diharap dapat menjaga keselamatan selama di perjalanan,” pungkasnya. (KG/Z-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat