visitaaponce.com

Sambangi Lapas Cipinang, Wakil Ketua DPRD DKI Berikan Bansos

Sambangi Lapas Cipinang, Wakil Ketua DPRD DKI Berikan Bansos
Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta Rai Mauliani menyambangi LP Cipinang(MI/ M Frahan Zhuhri)

WAKIL Ketua DPRD DKI Jakarta Rani Mauliani melakukan kunjungan ke Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas 1 Cipinang, Jatinegara, Jakarta Timur. Kunjungan tersebut guna memberikan bantuan sosial, pemeriksaan kesehatan dan pengobatan untuk warga binaan.

"Kunjungan ini atas nama pribadi saya sendiri dari fraksi Partai Gerindra memang juga atas nama DPRD DKI Jakarta. Tetapi tidak menutup kemungkinan, ke depan kami bisa mengajak teman-teman DPRD dari fraksi lainnya untuk bisa berbagi di sini," ucapnya kepada wartawan di lokasi, Kamis (30/6).

Dalam kunjunganya, ia mengatakan, dibalik tembok tinggi lapas terdapat kehidupan di dalamnya, namun tidak adanya kebebasan. Banyak sekali kebutuhan yang diperlukan, salah satunya bantuan kesehatan.

"Pengobatan gratis dan lain-lain adalah salah satu yang kami lakukan di sini. Warga binaan di sini mencapai 3.200 orang dan kami di sini berbagi walaupun tidak semuanya, tetapi diusahakan nantinya bisa memenuhi semuanya," ujarnya.

Politikus Partai Gerindra itu memberikan bantuan berupa vitamin serta obat, dan beberapa bingkisan makanan ringan yang diberikan untuk memenuhi kebutuhan warga Lapas Cipinang.

Selain itu, Reny juga menyoroti terkait kapasitas yang overload di lapas Cipinang hingga 300 persen.

Dirinya berharap para warga binaan ini dapat perhatian seperti dipindahkan ataupun ruangan serta bangunan ditambah agar jadi lebih baik kedepannya.

Baca juga : Polda Usut Dugaan Pencabulan Santriwati di Ponpes Depok

"Tadi saya mendapat keluhan dari warga binaan dan juga pihak lapas. Terkait dengan overload yang mencapai dengan 300 persen atau tiga kali lipat dari kapasitas yang diperuntukkan di Lapas Cipinang," tuturnya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Lapas Cipinang Tonny Nainggolan mengatakan, dalam satu kamar yang seharusnya diisi 3 orang, saat ini mencapai 7-8 orang.

"Beberapa kamar ada yang seharusnya kapasitas 3 orang diisi 7 orang, kamar kapasitas 7 orang diisi 15 orang," ujarnya.

Lebih lanjut ia menerangkan, kapasitas lapas cipinang 80 persen merupakan tahunan dengan kasus narkoba, 20 persen kejahatan umum.

"Hampir 80 persen ini pindahan dari lapas narkoba," ujarnya.

Dirinya berharap para warga binaan dapat perhatian seperti dipindahkan ataupun ruangan serta bangunan ditambah agar jadi lebih baik kedepannya.

"Kunjungan dan bantuan ini bukanlah sebuah program, ini adalah spontanitas dari kami dan memang dilakukan secara langsung melakukan kegiatan di tempat," terangnya. (OL-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat