visitaaponce.com

Polda Metro Usul Aksi Protes Dipusatkan di Lapangan Monas

Polda Metro Usul Aksi Protes Dipusatkan di Lapangan Monas
Sejumlah pengunjuk rasa menarik pagar kawat berduri dalam aksi protes di Jakarta.(Antara)

KAPOLDA Metro Jaya Irjen Fadil Imran mengusulkan aksi unjuk rasa atau demonstrasi yang dipusatkan di kawasan Monas Barat Daya, Jakarta. 

Hal tersebut diusulkan Fadil saat berdiskusi dengan tokoh agama, mahasiswa, serikat pekerja dan organisasi masyarakat (ormas) di Polda Metro Jaya pada Kamis (22/9) ini.

Fadil menilai selama ini aksi unjuk rasa digelar di kawasan Patung Kuda atau Jalan Medan Merdeka Barat. Menurutnya, sering terjadi penutupan jalan akibat sejumlah aksi unjuk rasa.

Baca juga: Istana Bantah Presiden Hindari Demonstrasi Harga BBM

Pihaknya menilai aksi unjuk rasa di jalan tersebut perlu dipindahkan. Sebab, menggangu aktivitas masyarakat luas. Salah satu opsi ialah memusatkan aksi protes di Monas Barat Daya. Fadil menilai kawasan Monas Barat Daya memadai untuk menampung peserta aksi.

"Saya lihat Monas Barat Daya cukup luas. Ini bisa masuk 5-6 ribu orang, daripada kita harus demokrasi di Jalan Medan Merdeka Barat," kata Fadil.

Baca juga: OTT Hakim Agung MA Terkait Suap dan Pungutan Pengurusan Perkara

Fadil mengaku siap menyiapkan sarana dan prasarana yang dibutuhkan, seperti panggung dan pengeras suara. Sehingga, peserta aksi dapat diberikan ruang dan menunjukkan kepada dunia, bahwa Indonesia sangat dewasa dalam berdemokrasi.

Menurutnya, unjuk rasa di kawasan Monas Barat Daya tidak membuat jalanan macet dan mengganggu aktivitas masyarakat. "Arus lalu lintas ini bisa lancar dari timur dari utara. Demikian juga arus lalu lintas dari selatan dan barat, kalau kita melaksanakan demo di silang Monas," pungkasnya.(OL-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat