visitaaponce.com

Sudah Dua Pekan, Stok Vaksin Covid-19 di Depok Habis

Sudah Dua Pekan, Stok Vaksin Covid-19 di Depok Habis
ilustrasi(dok.mi)


WARGA Kota Depok, Jawa Barat, mengeluhkan kekosongan vaksin covid-19. Kosongnya vaksin covid-19 sudah dua pekan.

"Kita tidak bisa melakukan vaksinasi ketiga yang dianjurkan Pemerintah sebagai penguatan imun dan syarat transportasi, " ujar Yati, warga Sukma Jaya, Minggu (23/10).

Menurut Yati waktu ditanya vaksin ke Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok dan Puskesmas katanya sedang kosong. Yati yang sudah menunggu lama di Puskesmas tetapi hanya mendapat keterangan untuk menunggu atau mencari fasilitas kesehatan lain yang masih memiliki ketersediaan vaksin.

Dinkes Kota Depok, sambungnya harusnya bisa memberikan kepastian kapan adanya vaksin covid-19. Karena vaksinasi ketiga yang dianjurkan Pemerintah ini sebagai penguatan imun dan syarat transportasi.

Kepala Dinkes Kota Depok Mary Liziawati menjelaskan Pemerintah Kota (Pemkot) Depok memang sedang kehabisan vaksin Covid-19 untuk masyarakat. Kehabisan vaksin covid-19 ini sudah terjadi selama dua pekan. "Pemkot telah melayangkan surat kepada Pemerintah Pusat," kata Mary.

Mary mengatakan, Pemkot Depok sedang menunggu pendistribusian dari Pemerintah Pusat. Hal itu menyebabkan puskesmas maupun rumah sakit tidak dapat melayani vaksinasi covid-19. "Kami sedang menunggu kiriman, sudah habis sejak jumat pekan lalu," ujar Mary.

Dia menjelaskan, Pemkot sempat menerima vaksin covid-19 sebanyak 31 vial pada pekan lalu. Namun jumlah tersebut telah habis untuk penyelenggaraan vaksinasi massal di pusat perbelanjaan. "Jumat pekan lalu digunakan vaksinasi massal di D’Mall antusias masyarakat tinggi, jadi sekarang habis," jelas Mary.

Kehabisan vaksin di Kota Depok telah ditindaklanjuti Dinkes untuk meminta pengiriman vaksin. Dinkes telah menyurati Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat maupun Pemerintah Pusat untuk mengirimkan vaksin. "Kami sudah surati dan kami sedang menunggu pengiriman vaksin kembali," ucap Mary.

Pemkot berharap, baik Pemerintah Jawa Barat maupun Pusat dapat segera mengirimkan vaksin. Karena menurutnya, vaksin dapat meningkatkan kekebalan imun terhadap masyarakat dari Covid-19. "Kami masih menunggu dropping vaksin dari Pemerintah," terang Mary (OL-13)

Baca Juga: OMG Bersama 1.250 Petani se-Jakarta Jalankan Program Petani Kota

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Muhamad Fauzi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat