visitaaponce.com

Segerakan Vaksin Booster Terhadap Anak untuk Antisipasi Peningkatan Jumlah Kasus Covid-19

Segerakan Vaksin Booster Terhadap Anak untuk Antisipasi Peningkatan Jumlah Kasus Covid-19
Nakes menyuntikkan vaksin covid-19 kepada seorang anak di ruang publik kawasan Sumber Wangi, Kota Madiun, Jawa Timur.(ANTARA/Siswowidodo)

PENINGKATAN jumlah kasus positif dan angka kematian akibat covid-19 di tanah air saat ini harus dijawab dengan kewaspadaan tinggi lewat sejumlah langkah antisipasi dengan meningkatkan perlindungan terhadap kelompok  rentan, termasuk anak-anak, dari paparan covid-19. 

"Sejumlah upaya pencegahan penyebaran covid-19 harus benar-benar kembali kita tingkatkan dengan berbagai cara," kata Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat dalam keterangan tertulis, Sabtu (6/8). 

Pada Kamis (4/8), Juru Bicara Satgas Covid-19 Prof Wiku Adisasmito mengungkapkan kasus positif pada pekan ini lebih dari 38.000. Catatan itu meningkat 15 kali lipat jika dibandingkan dengan catatan awal Juni 2022 yang hanya 2.000-an kasus. 

Baca juga : Pandemi Belum Berakhir, Upaya Melindungi Diri dari Ancaman Covid-19 Harus Konsisten

Wiku juga mengungkapkan tingkat kematian akibat covid-19 juga hampir mencapai 100 orang pada pekan ini. 

Drastisnya peningkatan ancaman itu, menurut Lestari, harus menjadi perhatian serius para pemangku kepentingan, mengingat kelompok masyarakat rentan seperti lansia dan anak-anak belum sepenuhnya mendapatkan vaksin booster. 

Apalagi, tambah Rerie, sapaan akrab Lestari, saat ini juga mulai merebak penyakit cacar monyet di dunia, yang menyebar ke sejumlah negara. 

Baca juga : Perlu Pemahaman Menyeluruh terkait Kebijakan Pengendalian Covid-19

Rerie sangat berharap, para pemangku kepentingan di pusat dan daerah segera memetakan langkah antisipasi dengan segera dan mengevaluasi sejumlah kebijakan yang berpotensi meningkatkan kembali penularan Covid-19 di tanah air. 

Anggota Majelis Tinggi Partai NasDem itu sangat berharap ada percepatan perluasan vaksin booster bagi kelompok rentan seperti anak-anak, lewat menyegerakan kebijakan vaksin booster untuk anak. 

Kesiapan penyelenggaraan pembelajaran tatap muka (PTM), jelas Rerie, juga harus benar-benar dipastikan, lewat  pemenuhan protokol kesehatan sesuai yang dipersyaratkan di setiap daerah. 

Baca juga : Vaksinasi Guru dan Petugas Operasional Sekolah Wajib Dilakukan

Rerie berpendapat peningkatan jumlah kasus covid-19 yang terjadi saat ini harus dihadapi dengan semangat persatuan seluruh anak bangsa dalam mematuhi setiap kebijakan pencegahan penyebaran covid-19 di tanah air. (RO/OL-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat