visitaaponce.com

Teruskan Normalisasi Ciliwung, Pemprov Ratakan Bangunan Ilegal di Rawajati

Teruskan Normalisasi Ciliwung, Pemprov Ratakan Bangunan Ilegal di Rawajati
Ilustrasi: Ciliwung(Antara)

WALIKOTA Jakarta Selatan, Munjirin, membenarkan adanya penertiban bangunan di daerah RT 002, 003 dan 004/RW 07 Kelurahan Rawajati, Pancoran, Jakarta Selatan pada Senin (31/10) kemarin. Penertiban bangunan ini dilakukan untuk melanjutkan proyek normalisasi kali Ciliwung bersama Dinas Sumber Daya Air (SDA).

“Ini penertiban rumah yang sudah dibayar pemprov, tapi sama pemilik ditinggal saja. Nggak dirubuhkan. Jadi, kita yang ngeratain. Karena sudah dibebaskan Dinas SDA DKI,” ujar Munjirin, di Jakarta, Rabu (2/11).

Menurut dia, normalisasi Kali Ciliwung menjadi salah satu program prioritas untuk mendukung penanggulangan banjir di Jakarta.

Munjirin memastikan, bangunan itu telah dibebaskan Dinas Sumber Daya Air DKI sejak lama dan Pemkot Jakarta Selatan hanya membantu meratakan dan mengangkut puing-puing bangunan.

“Lebih lengkapnya tanya Dinas SDA DKI, saya hanya membantu,” kata Munjirin.

Sementara itu, Camat Pancoran, Alamsyah, mengatakan, penertiban bangunan itu merupakan kolaborasi Dinas Sumber Daya Air DKI, Suku Dinas SDA Jakarta Selatan, Camat Pancoran, Bhabinkamtibmas, hingga Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat FKDM) kecamatan dan kelurahan setempat.

“Semoga dengan telah terselesaikannya evakuasi dan perapihan tanah, pihak BWSCC dapat segera membangun sarana dan prasarana penanggulangan banjir di area pinggir kali Ciliwung,” kata Alamsyah.

Diketahui, Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono (HBH), mendorong percepatan kelanjutan normalisasi Kali Ciliwung. Bahkan, HBH langsung berkoordinasi dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat hingga Badan Pertanahan Nasional untuk mempercepat pembebasan lahan yang terdampak proyek normalisasi Kali Ciliwung itu.

“(Pembahasan) ada kaitannya dengan normalisasi sodetan Kali Ciliwung, Ciawi, Cimahi, dan seterusnya, memang master plan penanggulangan banjir yang nanti kami sinergikan,” kata Heru, di Gedung Kementerian BUMN, Gambir, Jakarta Pusat, Rabu (19).

Sementara bangunan di kawasan aliran sungai (DAS) Rawajati, Jakarta Selatan, akan dilanjutkan normalisasi Ciliwung. Pemprov DKI dipastikan programnya menormalisasi Kali Ciliwung dengan cara meratakan semua bangunan yang dinilai bersentuhan dengan sungai jika hujan lebat turun dan Jakarta dapat kiriman dari kawasan Puncak Bogor sebagai hulu di selatan Jakarta terdapat 13 sungai membelah Ibu Kota Jakarta berhulu di Puncak Bogor. (OL-12)
 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Retno Hemawati

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat