visitaaponce.com

16 RT di Jakarta Terendam Banjir pada Jumat Pagi, 15 Maret 2024

16 RT di Jakarta Terendam Banjir pada Jumat Pagi, 15 Maret 2024
Ilustrasi(Antara)

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta mencatat sebanyak 16 rukun tetangga (RT) di wilayah Jakarta terendam banjir pada Jumat (15/3).

"BPBD mencatat genangan masih terjadi di 16 RT atau 0,052% dari 30.772 RT yang ada di wilayah DKI Jakarta," ujar Kepala Pelaksana BPBD DKI Jakarta Isnawa Adji di Jakarta, Jumat.

Banjir tersebut terjadi seiring dengan kenaikan status Bendung Katulampa dan Pos Pantau Depok menjadi Siaga 3 (Waspada) dari sore hingga malam hari. Itu terjadi karena hujan yang mengguyur ibu kota dan daerah-daerah penyangga lain seperti Depok dan Bogor.

Baca juga : 2 Kelurahan di Jakarta Barat masih Terendam Banjir hingga Kamis Pagi

Adapun data wilayah terdampak ialah satu RT di Kelurahan Manggarai, Jakarta Selatan, yang memiliki ketinggian air 50 centimeter (cm). Penyebab banjir di wilayah tersebut karena curah hujan tinggi dan luapan Kali Ciliwung.

Kemudian, tiga RT di Kelurahan Kampung Melayu dengan ketinggian banjir mencapai 125 cm yang juga disebabkan luapan Kali Ciliwung.

Banjir akibat luapan Kali Ciliwung juga menggenangi satu RT di Kelurahan Balekambang dengan ketinggian 40 cm dan lima RT di Kelurahan Cawang dengan ketinggian mencapai 140 cm, serta dua RT di Kelurahan Cililitan dengan ketinggian 100 cm.

BPBD DKI Jakarta mengerahkan personel untuk memonitor kondisi banjir di setiap wilayah dan mengkoordinasikan unsur Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI, Dinas Bina Marga DKI, Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) DKI.

Total ada 267 personel petugas penanggulangan bencana atau tim reaksi cepat (TRC) yang bertugas di seluruh wilayah rawan banjir. Tim tersebut bertugas menangani bencana termasuk banjir, melakukan edukasi dan mengevakuasi warga jika terjadi banjir di wilayah Jakarta serta melakukan penanganan dan pemantauan setelah bencana terjadi. (Ant/Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat