visitaaponce.com

18 RT di Jakarta Timur Terendam Banjir Akibat Ciliwung Meluap

18 RT di Jakarta Timur Terendam Banjir Akibat Ciliwung Meluap
BPBD mengungkapkan 18 RT di Jakarta Timur, Senin (15/4) terendam banjir akibat meluapnya Kali Ciliwung.(Antara)

BADAN Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta mengungkapkan sebanyak 18 Rukun Tetangga (RT) di Jakarta Timur, Senin (15/4) pukul 08.00 WIB terendam banjir. Banjir tersebut diakibatkan meluapnya Kali Ciliwung

"Banjir yang ada saat ini mengalami kenaikan dari 13 RT menjadi 18 RT atau 0.059% dari 30.772 RT yang ada di wilayah DKI Jakarta," kata Kepala Pelaksana BPBD DKI Jakarta, Isnawa Adji dalam keterangannya, Senin (15/4).

Ia menyebut 18 RT di Jakarta Timur, itu terdiri dari empat RT di Kelurahan Bidara Cina, dengan ketinggian air 40 cm hingga 50 cm.

Baca juga : 16 RT di Jakarta Terendam Banjir pada Jumat Pagi, 15 Maret 2024

Kemudian, delapan RT di Kampung Melayu dengan ketinggian air hingga 40 cm sampai 75 cm, lima RT di Cawang dengan ketinggian air 40 cm, dan satu RT di Cililitan dengan ketinggian air 50 cm.

"Wilayah yang sudah surut, yakni tiga RT di Pejaten Timur," ujarnya.

Hujan yang melanda wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya pada Minggu (14/4) menyebabkan kenaikan status Bendung Katulampa menjadi Siaga Tiga (Waspada) pada pukul 17.00 WIB.

Baca juga : Hingga Pukul 06.00 WIB, 19 RT di Jakarta Masih Tergenang Banjir

Kemudian, Pos Pantau Sunter Hulu menjadi Siaga Tiga (Waspada) pada pukul 18.00 WIB, Pos Pantau Sunter Hulu menjadi Siaga Dua (Siaga) pada pukul 20.00 WIB dan Pos Depok menjadi Siaga Tiga (Waspada) pada pukul 21.00 WIB.

Isnawa mengatakan, pihaknya telah mengerahkan personel untuk memonitor kondisi genangan di setiap wilayah dan mengkoordinasikan unsur Dinas SDA, Dinas Bina Marga, Dinas Gulkarmat untuk melakukan penyedotan genangan dan memastikan tali-tali air berfungsi dengan baik bersama dengan para lurah dan camat setempat.

Ia juga mengimbau kepada masyarakat agar tetap berhati-hati dan waspada terhadap potensi genangan.

"Genangan ditargetkan untuk surut dalam waktu cepat. BPBD DKI mengimbau kepada masyarakat agar tetap berhati-hati dan waspada terhadap potensi genangan," tuturnya. (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat