visitaaponce.com

Hingga Pukul 06.00 WIB, 19 RT di Jakarta Masih Tergenang Banjir

Hingga Pukul 06.00 WIB, 19 RT di Jakarta Masih Tergenang Banjir
Ilustrasi(Medcom)

JUMLAH daerah di Jakarta yang tergenang banjir akibat hujan deras sejak Kamis (4/1) sore mulai bekurang. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta mencatat sebanyak 19 RT masih tergenang hingga Jumat (5/1) pukul 06.00 WIB. 

"Genangan yang sebelumnya terjadi di 21 RT dan 2 ruas jalan, saat ini, menjadi 19 RT atau 0,061% dari 30.772 RT (di Jakarta)," ujar Kasatpel Pengolahan Data dan Informasi BPBD DKI Jakarta Michael Sitanggang, dalam keterangan tertulis, Jumat (5/1). 

Michael menyampaikan 19 RT yang masih tergenang itu tersebar di tiga wilayah administrasi, yaitu Jakarta Barat, Jakarta Selatan, dan Jakarta Timur. Ia merinci jumlah RT dan ketinggian genangan di setiap wilayah.

Baca juga: Banjir Pondok Karya Mampang Jaksel Setinggi 90 Cm

Sebanyak empat RT tergenang di Jakarta Barat dengan ketinggian air yang berbeda-beda. Rinciannya dua RT di Kelurahan Rawa Buaya tergenang dengan ketinggian 30 centimeter (cm).

Sebanyak dua RT di Kelurahan Tegal Alur tergenang dengan ketinggian 20 sampai dengan 30 cm. Kondisi itu menyebabkan 26 jiwa harus mengungsi di RPTRA Anggrek 04.

Selain itu, sebanyak dua RT di Kelurahan Rawajati, Jakarta Selatan, tergenang dengan ketinggian 30 cm. Selanjutnya, terdapat 13 RT di Jakarta Timur yang tergenang. 

Baca juga: BMKG: Jabodetabek akan Dilanda Hujan Deras dan Cuaca Ekstrem hingga 10 Januari

Rinciannya satu RT di Kelurahan Cililitan tergenang mencapai 70 cm. Lalu, tercatat lima RT di Kelurahan Cawang tergenang mencapai 30 cm.

Sebanyak tiga RT di Kelurahan Bidara Cina tergenang mencapai 35 hingga 60 cm. Selanjutnya, sebanyak empat RT di Kelurahan Kampung Melayu tergenang hingga mencapai 80 cm.

BPBD telah menerjunkan sejumlah personel untuk mengurangi genangan. Mulai dari penyedotan hingga bekoordinasi dengan para lurah dan camat.

"Genangan ditargetkan untuk surut dalam waktu cepat," pungkasnya. (Z-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat