visitaaponce.com

BMKG Jabodetabek akan Dilanda Hujan Deras dan Cuaca Ekstrem hingga 10 Januari

BMKG: Jabodetabek akan Dilanda Hujan Deras dan Cuaca Ekstrem hingga 10 Januari
Kendaraan melintasi genangan air yang muncul karena hujan deras, di jalan raya di depan Pasar Induk Kramat Jati, Jakarta Timur.(MI/Adam Dwi)

BADAN Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan potensi cuaca ekstrem akan terjadi di Jakarta dan daerah penyangga sekitarnya sepekan ke depan sejak 3 sampai 10 Januari 2024. Dalam rilis dari BMKG, Rabu (3/1), wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) akan diguyur hujan deras berpotensi banjir.

Kasus ini diprediksi terjadi pada siang menjelang malam serta malam hingga dini hari. Karena itu, BMKG mengimbau masyarakat daerah Jabodetabek agar waspada kemungkinan potensi bencana saat terjadi cuaca ekstrem pada Januari 2024

Sejumlah wilayah Jabodetabek yang berpotensi mengalami hujan deras pada siang hingga menjelang malam di antaranya Jakarta Timur, Jakarta Selatan, Depok, Bogor, Tangerang Selatan, dan Bekasi.

Baca juga: Mayoritas Kota Besar di Indonesia Berpotensi Diguyur Hujan Ringan 

Sementara itu, wilayah yang berpotensi mengalami hujan deras pada malam hingga dini hari diantaranya Kepulauan Seribu, Jakarta Utara, Jakarta Pusat, Bekasi, dan Tangerang.

"BMKG mengimbau masyarakat yang berada di daerah tersebut untuk waspada saat hujan yang disertai dengan kilat atau petir dan angin kencang," pesan BMKG, Rabu, (3/1).

Baca juga: BNPB Sebut Curah Hujan di Jawa dan Bali Masih Tinggi Sepekan Kedepan

Bagi masyarakat yang berlokasi di daerah rawan bencana, diminta bersiaga dengan dampak yang ditimbulkan seperti banjir, banjir bandang, tanah longsor, jalan licin, pohon tumbang, dan berkurangnya jarak pandang.

Karena itu pula, BPBD DKI Jakarta mengeluarkan peringatan dini cuaca buruk di Jakarta kemarin pada Rabu pagi.

Masyarakat diharapkan bisa terus mengikuti perkembangan cuaca di wilayah Jabodetabek dengan mengakses informasi resmi BMKG melalui aplikasi Info BMKG dan website https://bmkg.go.id.


(Z-9)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat