visitaaponce.com

Polisi Jelaskan Alasan Konser NCT 127 Digelar tapi Dewa 19 Diundur

Polisi Jelaskan Alasan Konser NCT 127 Digelar tapi Dewa 19 Diundur
Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Endra Zulpan(ANTARA FOTO/Reno Esnir)

POLISI menjelaskan alasan pihaknya mengizinkan boyband asal Korea Selatan NCT 127 untuk menggelar konser di Hall 7-8 ICE BSD pada Jumat (4/11) dan Sabtu (5/11). Sedangkan konser band Dewa 19 bertajuk Pesta Rakyat di Jakarta International Stadium (JIS) justru ditunda yang dari awalnya 12 November 2022 ke 4 Februari 2023.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Endra Zulpan menjelaskan, izin keramaian telah diberikan kepada panitia penyelenggara konser NCT 127 sudah sejak lama. Sedangkan perizinan penyelenggaran konser Dewa 19 belum keluar, tetapi panitia penyelenggara telah membuka penjualan tiket.

"Makanya diambil langkah diundur, bukan dilarang ya," ujar Zulpan, kepada wartawan, Jumat (4/11).

Zulpan mengatakan faktor keselamatan juga menjadi alasan kepolisian belum mengeluarkan izin keramaian. Ia mengaku tak ingin insiden di Itaewon Korea Selatan dan festival musik Berdendang Bergoyang terulang saat konser Dewa 19.

Segala persiapan, seperti pengamanan dan manajemen penonton harus dipikirkan secara matang.

Baca juga: Ada Ancaman Bom, Konser NCT 127 di BSD Tetap Berlangsung

"Diundur untuk disiapkan lagi pengamanan. Kan kejadian seperti di Itaewon, Berdendang Berrgoyang jadi pelajaran. Jadi kita nggak mau ada kejadian di JIS makanya diundur. Ini faktor keselamatan jiwa penonton aja dan keamanan. Diundur karena itu aja," tutur Zulpan.

Seperti diketahui, konser grup band Dewa 19 di Jakarta International Stadium (JIS), Jakarta Utara, yang semula digelar bulan ini diundur menjadi Februari 2023. Polisi belum mengeluarkan rekomendasi izin kegiatan tersebut.

Menurut Zulpan, sejauh ini pihak kepolisian dan panitia acara konser Dewa 19 di JIS belum membahas teknis pengamanan acara tersebut. Panitia pun belum pernah menjelaskan detil gelaran acara tersebut hingga faktor keamanan dan keselamatan bagi penonton.

"Ini karena kita belum mengeluarkan izin ya berarti Polda belum tahu kegiatan itu bagaimana. Kan harusnya sebelum izin dikeluarkan dari Polda memanggil panitia penyelenggara memaparkan bagaimana konsep acara, jumlah penonton kemudian bagaimana flow-nya, kemudian dari segi pengaturan. Ini belum sempat terjadi pertemuan itu belum ada," tutur Zulpan.(OL-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Akhmad Mustain

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat