visitaaponce.com

Buat KTP, KIA, Akta Kelahiran Cepat dan Mudah di Kota Depok

Buat KTP, KIA, Akta Kelahiran Cepat dan Mudah di Kota Depok
Warga mengisi formulir pendaftaran pembuatan Kartu Identitas Anak (KIA) di Kantor Kecamatan Tapos, Depok, Jawa Barat, Sabtu (22/10/2022).(Antara/Asprilla Dwi Adha.)

DIREKTUR Utama Media Indonesia Gaudensius Suhardi (GS) memuji kecepatan layanan sdministrasi kependudukan pada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dipendukcapil) Kota Depok, Jawa Barat. Pujian tersebut ia lontarkan usai mengurus KTP.  

"Pelayanan administrasi kependukan dan kesiapan daerah dalam pelaksanaan layanan identitas administrasi kependudukan digital cukup baik, cepat," kata GS di Gedung Dibaleka Balai Kota Depok, Senin (9/1). Ia mengaku melihat sendiri petugas memberikan layanan administrasi kependudukan, hanya butuh 1 menit paling lama 10 menit.

"Saya mengurus KTP hanya 1 menit. Daftar, foto (jepret), tanda tangan tunggu 1 menit KTP el keluar dari mesin cetakan. Luar biasa," ucapnya.

Kecepatan layanan administrasi kependudukan, kata dia, tak hanya kepadanya. "Saya melihat sendiri ibu-bu mengurus Kartu Identitas Anak (KIA) hanya butuh waktu 1-10 menit langsung jadi. "Tadi juga ada ibu-ibu mengurus KIA maupun pergantian KTP rusak juga cepat tidak sampai 10 menit, langsung dicetakkan," ujar GS kepada Media Indonesia.

Selain memiliki kecepatan layanan, pria yang saat ini merangkap sebagai Direktur Utama Harian Umum Lampung Post itu juga memuji kebersihan dan kerapihan ruang Dispendukcapil yang berada di lantai 1 dan 2. "Mudah-mudahan ini bisa menjadi percontohan dari daerah lain. Pelayanan administrasi Dispendukcapil Kota Depok yang bekerja rapi dan cepat. Mudah-mudahan pula bisa dipertahankan terus, karena salah satu kunci pelayanan yang bagus adalah kecepatan," terangnya.

Atas kecepatan layanan administrasi kependudukan ini, GS menyampaikan terima kasih kepada jajaran Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Depok. "Terima kasih untuk Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Depok," ucapnya.

Atas apresiasi ini, Kepala Bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Depok Jaka Susanta mengatakan, percepatan layanan administrasi kependudukan ini ialah program dalam mendekatkan berbagai layanan kepada masyarakat. "Layanan pengurusan KTP-el, KK, hingga Akta Kelahiran ialah sebagai bentuk layanan kepada warga. Konduktornya ialah Wali Kota Depok Mohammad Idris dan Sekretaris Daerah Kota Depok Supian Suri secara langsung," kata Jaka.

Jaka mengharapkan program layanan cepat pengurusan administrasi kependudukan akan diupayakan lebih baik lagi untuk mendekatkan dan mempercepat berbagai layanan kebutuhan masyarakat. "Dengan demikian, baik pengurusan KTP, KK, Akta Kelahiran, dan berbagai dokumen lain bisa dilakukan dengan baik," pungkasnya. (OL-14)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat