visitaaponce.com

DPRD Dukung Pemprov DKI Sulap Lahan Tidur Jadi RTH

DPRD Dukung Pemprov DKI Sulap Lahan Tidur Jadi RTH
Ilustrasi.(ANTARA)

LANGKAH Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta memanfaatkan lahan tidur menjadi Ruang Terbuka Hijau (RTH) mendapatkan dukungan Komisi D DPRD DKI Jakarta.

Anggota Komisi D DPRD DKI Jakarta Panji Virgianto mendukung penuh upaya Pemprov yang tengah memperbanyak RTH di tengah keterbatasan lahan. Lahan yang dimanfaatkan ini bisa milik Pemprov DKI yang belum terpakai maupun milik warga. 

Baca juga: Lebih 10 Ton Sampah Liar di Cilangkap Depok Dipindahkan ke TPA

"Saya setuju sekali kalau RTH ini terus diperbanyak. Karena pemerintah mempunyai kewajiban, lahan terbuka harus memenuhi target 30 persen dari total luas kawasan," ujarnya, Minggu (5/2).

Panji menilai, untuk mengejar target pemenuhan RTH 30%, Pemprov DKI Jakarta dapat bekerja sama dengan warga pemilik lahan agar bisa menanam pohon.

"Saya sarankan setiap RTH ditambahkan sarana edukasi, wisata, kesenian hingga tempat komunikasi. Kalau di setiap RTH ada seperti ini, saya yakin banyak warga yang memanfaatkan," katanya.

Anggota Komisi D DPRD DKI Jakarta lainnya, Pantas Nainggolan mengungkapkan, untuk menambah target RTH, Pemprov DKI dapat memanfaatkan lahan fasilitas sosial dan fasilitas umum (fasom fasum) yang nantinya diperuntukkan bagi masyarakat.

"Lahan fasos fasum juga bisa menjadi salah satu pemenuhan target RTH," tuturnya.

Ia menambahkan, pada hakekatnya target pemenuhan RTH bertujuan menciptakan ruang yang sehat, asri dan berdampak kepada kesehatan jasmani maupun rohani masyarakat.

"Jangan hanya memenuhi kebijakannya, tetapi harus punya skala prioritas yang didahulukan. Ini nantinya akan berdampak positif bagi masyarakat," tandasnya. (OL-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Astri Novaria

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat