visitaaponce.com

Presiden Normalisasi Ciliwung Harus Selesai Akhir 2024

Presiden: Normalisasi Ciliwung Harus Selesai Akhir 2024
Sungai Ciliwung(MI/Andry Widyanto)

Presiden Joko Widodo memberikan target kepada Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono untuk menyelesaikan normalisasi Sungai Ciliwung pada akhir 2024 mendatang.

Langkah percepatan itu harus dilakukan demi mengurangi ancaman banjir di Jakarta. "Kita harapkan dalam dua tahun, nantinya akhir 2024, sepanjang 17 kilometer insya Allah selesai sehingga normalisasi sungai ciliwung betul-betul rampung. Ini akan sangat mengurangi yang namanya banjir," ujar Jokowi saat meninjau lokasi normalisasi di Jakarta, Selasa (21/2).

Saat ini, masih ada sekitar 17 kilometer sisi sungai yang harus diperbaiki dengan cara pembangunan tanggul atau dinding turap.

Sejumlah lahan di beberapa daerah yang masuk ke zona normalisasi sudah dibebaskan dan tinggal dibangun konstruksi. "Sudah ada beberapa titik yang kita bebaskan, misalnya Rawajati, itu segera bisa dimulai konstruksinya. Kemudian, Pengadegan juga besok akan dimulai pembayaran untuk pembebasan lahan. Sehingga, nanti titik-titik yang yang sudah dilibatkan konstruksinya langsung jalan," jelas mantan wali kota Surakarta itu.

Jokowi mengatakan, saat ini, normalisasi masih akan fokus pada Sungai Ciliwung. Adapun, 12 sungai lain akan dibenahi secara bertahap. "Semuanya dimulai, tapi kita akan fokus, konsentrasi di Ciliwung," tuturnya. (OL-12)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Retno Hemawati

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat