visitaaponce.com

Bhabinkamtibmas Polda Metro Jaya Ikuti Sosialisasi BPJS Ketenagakerjaan

Bhabinkamtibmas Polda Metro Jaya Ikuti Sosialisasi BPJS Ketenagakerjaan
Kegiatan Sosialisasi dengan mengangkat tema "Bersama Membangun Desa" dilangsungkan di Balai Room Polda Metro Jaya, Jakarta,(Ist)

BADAN Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJamsostek) Kanwil DKI Jakarta bekerja sama dengan Direktorat Binmas Polda Metro Jaya  menyelenggarakan sosialisasi BPJS Ketenagakerjaan kepada Bhabinkamtibmas Polda Metro Jaya.

Kegiatan Sosialisasi dengan mengangkat tema "Bersama Membangun Desa" dilangsungkan di Balai Room Polda Metro Jaya, baru-baru ini. Sosialisasi tersebut diikuti ratusan Bhabinkamtibmas yang bertugas di wilayah DKI Jakarta

Dalam sambutannya, Dirbinmas Polda Metro Jaya Kombespol, Badya Wijaya, menyampaikan sosialisasi BPJS Ketenagakerjaan diberikan kepada Bhabinkamtibmas dalam rangka mendukung program pemerintah yang diamanahkan kepada BPJS Ketenagakerjaan untuk memberikan perlindungan jaminan sosial kepada pekerja Indonesia hingga ke desa atau kelurahan. 

"Masih banyak masyarakat pekerja yang belum mengetahui program, manfaat dan pentingnya ikutserta terdaftar menjadi peserta BPJS Ketenaga Kerjaan," kata Badya dalam keterangan pers, Senin (6/3). 

"Untuk itulah dilaksanakan sosialisasi BPJS Ketenagakerjaan ini kepada teman-teman Bhabinkamtibmas sebagai pembekalan pengetahuan untuk dapat membantu mendukung program pemerintah memberikan perlindungan kepada seliruh pekerja Indonesia," ucapnya. 

Baca juga: Peserta BPJS Ketenagakerjaan Korban Kebakaran Plumpang Dapat Jaminan Seluruh Biaya Perawatan

Badya Wijaya berharap, sosialisasi ini diikuti dengan sebaik - baiknya oleh peserta supaya nanti dilapangan bisa diimplementasikan. 

Sementara itu, Kepala Kantor Wilayah BPJS Ketenagakerjaan DKI Jakarta, Deny Yusyulian, yang diwakili oleh Asisten Deputi Direktur Bidang Wasrik dan MR BPJS Ketenagakerjaan Kanwil DKI Jakarta Chairil Arianto menyampaikan terima kasih atas kolaborasi dengan Direktorat Binmas Polda Metro Jaya.

"Mudah-mudahan dapat dilaksanakan amanah yang sudah tertuang dalam perjanjian kerjasama (PKS) antara BPJS Ketenagakerjaan dengan Polri tentang pencegahan dan penanganan ketidak patuhan pelaksaan program jaminan sosial ketenagakerjaan," jelas Deny. 

Ruang lingkup kerja sama kedua lembaga, jelas Chairul Arianto, di antaranya terkait dengan pertukaran dan pemanfaatan data atau informasi untuk mengetahui apakah masyarakat pekerja di desa atau kelurahan sudah menjadi peserta kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan atau belum.

Selain itu memberikan dukungan pencegahan ketidak patuhan terhadap pelaksanaan program jaminan sosial. 

"Karena di DKI Jakarta masih banyak pemberikerja yang belum mendaftarkan tenaga kerjanya menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan", ungkap Chariul. 

Chairul menegaskan bahwa sosialisasi terkait BPJS Ketenagakerjaan sangat penting untuk dapat merealisasikan target pada bulan Maret 2023.

Bhabinkamtibmas sudah bisa melakukan sosialisasi dan edukasi disetiap wilayah masing-masing kepada masyarakat pekerja. 

"Tugasnya Bhabinkamtibmas dalam kerjasama ini diantaranya menginformasikan kepada kantor Cabang BPJS Ketenagakerjan  kalau ada kegiatan warga diwilayahnya," katanya.

"Agen perisai BPJS Ketenagakerjaan akan datang ke lokasi untuk menjelaskan, mendata, sekaligus termasuk memungut iuran," ucap Chairul.

"Tahapan ini ditargetkan akhir Maret akan selesai semua. Bulan April sampai dengan Desember 2023 aktivitas berhubungan dengan masyarakat sudah berjalan," terangnya. 

Lebih lanjut Chairul mengungkapkan fokus kolaborasi sosialisasi dan penanganan ketidak patuhan, tujuan yang akan dicapai adalah peningkatan awareness mengenai perlindungan sosial ketenagakerjaan 

"Harapan kami dari BPJS Ketenagakerjaan, kerja sama ini dapat terealisasi sehingga semua pekerja formal dan informal khususnya di DKI Jakarta memiliki kartu peserta BPJS Ketenagakerjaan. Jika pekerja mengalami resiko kerja akan mendapatkan manfaat santunan dari BPJS Ketenagakerjaan," paparnya. 

"Manfaat yang diberikan merupakan wujud nyata negara hadir dalam saat warganya mengalami resiko kerja," ucap Chairul.    

Sementara itu, Mias Muchtar selaku Kepala Kantor BPJAMSOSTEK Cabang Jakarta Gambir menyampaikan,“Kerja sama ini menjadi implementasi atas intruksi pemerintah untuk meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan pekerja dan keluarganya dalam bidang jaminan sosial ketengakerjaan,"

Mias berharap kerjasama ini menjadi langkah awal untuk Bhabinkamtibmas mewujudkan kepedulian dan keselamatan terhadap para pekerja disekitarnya sehingga manfaat program BPJS Ketenagakerjaan tercipta secara universal coverage. (RO/OL-09)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Deri Dahuri

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat