visitaaponce.com

Lagi, Puluhan RT di Jakarta Timur Terendam Banjir Akibat Luapan Kali Ciliwung

Lagi, Puluhan RT di Jakarta Timur Terendam Banjir Akibat Luapan Kali Ciliwung
Banjir merendam pemukiman padat penduduk di Kebon Pala, Kelurahan Kampung Melayu, Jaktim, Rabu (15/3).(MI/Usman Iskandar)

SEBANYAK 20 RT di wilayah Jakarta Timur kembali terendam banjir akibat meluapnya Kali Ciliwung. Luapan terjadi karena hujan dengan intensitas sedang hingga lebat melanda sebagian besar wilayah Jakarta pada Rabu (15/3).

"Di Kelurahan Cawang terdapat 10 RT yang terdampak banjir. Ketinggiannya berkisar 30 hingga 110 sentimeter," ujar dia ketika dikonfirmasi, di Jakarta, hari ini.

Selain itu, satu RT di daerah Kelurahan Cililitan juga terendam banjir. Warga di sana terdampak banjir dengan ketinggian air 50 sentimeter. Kelurahan lainnya yang terdampak yakni Bidara Cina. Sebanyak tujuh RT mengalami banjir dengan ketinggian air antara 20 hingga 60 sentimeter.

Baca juga : Viral, Siswa Sekolah Pakai Perahu di Tengah Banjir

Kepala Satuan Pelaksana Data Pusdatin BPBD DKI Jakarta, Michael Sitanggang, menambahkan, dua RT di Kelurahan Kampung Melayu juga terdampak banjir dengan ketinggian 100 sentimeter," lanjutnya

Selain 20 RT yang terdampak banjir, ada satu ruas jalan tergenang air cukup tinggi. Pada Rabu pagi pagi, misalnya, Jl Raya Bogor, tepatnya lampu merah HEK, di Kelurahan Kampung Tengah, Kecamatan Kramatjati, sempat tergenang. Namun, saat ini jalanan itu sudah aman dilewati lantaran air sudah surut. "Untuk wilayah yang sebelumnya terendam banjir, ada tiga RT di Kelurahan Cawang yang sudah surut," ujarnya.

Untuk penanganan banjir ini, BPBD DKI Jakarta sudah mengerahkan personel untuk memonitor kondisi genangan di setiap wilayah. Mereka juga berkoordinasi dengan sejumlah pihak, antara lain Dinas SDA, Dinas Bina Marga, dan Dinas Gulkarmat.

"Koordinasi untuk melakukan penyedotan genangan bersama dengan para lurah dan camat setempat. Genangan ditargetkan untuk surut dalam waktu cepat," jelas Michael. (Z-4)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat