visitaaponce.com

Jokowi Keluhkan Jakarta Selalu Macet. Ini Jawaban Heru Budi

PENJABAT Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mengakui Jakarta memang selalu macet. Hal itu dikatakannya ketika ditanyai awak media soal pernyataan Presiden Joko Widodo yang mengungkapkan Jakarta selalu macet baik pagi, siang, sore, dan malam.

Heru mengatakan, Pemprov DKI Jakarta telah melakukan berbagai upaya, seperti mendorong penggunaan transportasi publik. Karena itu, percepatan pembangunan berbagai jenis transportasi publik yang terintegrasi terus dilakukan untuk memberikan kemudahan akses, sehingga semakin banyak masyarakat yang beralih menggunakan transportasi publik.

“Iya, memang Jakarta mengalami kemacetan lalu lintas,” kata Heru saat meresmikan penyelesaian pemasangan rel Kereta Api Cepat Jakarta Bandung (KCJB) dan Caroussel Test Proyek Light Rail Transit (LRT) Jabodetabek di Stasiun Halim Perdanakusumah, Jakarta Timur, Jumat (31/3).

Baca juga : Kota-Kota Macet karena Terlambat Membangun Transportasi Publik

Pihaknya berharap pembangunan Mass Rapid Transit (MRT), Transjakarta, dan LRT bisa menjadi solusi kemacetan Jakarta. "Jadi antarmoda dibangun agar bisa terintegrasi satu sama lain," imbuhnya.

Sementara itu, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, pembangunan KCJB dan LRT Jabodetabek masih berjalan sesuai dengan rencana. Hal itu dibuktikan dengan dilakukannya peletakan rel kereta terakhir KCJB, sehingga total panjang rel yang terbentang sudah mencapai 304 kilometer untuk dua lajur kereta.

Baca juga : Kebijakan Setengah Hati Mengurai Kemacetan Jakarta

“Penyelesaian pemasangan rel kereta terakhir ini merupakan salah satu 'milestone' yang krusial bagi keseluruhan proyek, sekaligus sebagai tanda kesiapan proyek untuk memasuki periode pengujian secara terintegrasi,” kata dia.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo mengkritik pembangunan transportasi publik di Indonesia khususnya ibu kota mengalami keterlambatan 30 tahun. Hal itu Presiden sampaikan dalam sambutan peresmian pengoperasian jalur kereta api Makassar-Parepare di Sulawesi Selatan, sebagaimana disiarkan YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (29/3).

“Di Jakarta terlambat 30 tahun kira-kira. Meskipun sekarang sudah ada MRT tapi baru satu jalur. Ada LRT tapi juga belum jalan," ujar Jokowi.Menurut Presiden hal itulah yang jadi penyebab di Jakarta pagi macet, siang macet, sore macet, malem macet.Lebih lanjut dalam sambutan peresmian pemerintah berencana membangun jalur kereta api trans Sulawesi yang akan sambung-menyambung dari Makassar sampai Utara di Manado. (Z-4)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat