visitaaponce.com

Sekda DKI Izinkan Warga yang Mudik Bawa Saudara saat Kembali ke Jakarta

Sekda DKI Izinkan Warga yang Mudik Bawa Saudara saat Kembali ke Jakarta
Ilustrasi(MI/Ramdani)

Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta Joko Agus Setyono mempersilakan warganya membawa saudara dari daerah usai mudik lebaran. Namun, ia memberi beberapa syarat, yang utama adalah harus memiliki kepastian tempat tinggal. 

"Kalau mau dating, silakan saja datang ke Jakarta. Tapi harus ada jaminan tempat tinggal," ujar Joko di Balai Kota, Jakarta, Rabu (12/4). 

Selain itu, ia juga mewajibkan para pendatang baru melaporkan diri ke ketua rukun tetangga (RT) dan rukun warga (RW) setempat. Dengan demikian, kehadiran mereka terdata secara jelas di setiap daerah. 

Baca juga: Polda Metro Jaya Hadirkan Penitipan Kendaraan Gratis untuk Para Pemudik

Sikap Joko tersebut berbanding terbalik dengan apa yang disampaikan bosnya, Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono. Ia meminta warga ibu kota yang mudik tidak membawa saudara saat kembali ke Jakarta. Dia memerintahkan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan jajaran terkait lainnya untuk menyosialisasikan instruksi tersebut ke warga yang pulang kampung. 

"Dalam proses kembalinya masyarakat ke Jakarta, dari Dinas Kependudukan bersama Satpol PP mungkin bersama perhubungan juga untuk bisa menjaga atau memberitahukan kepada warganya untuk tidak kembali membawa kolega," tutur Heru.

Baca juga: Heru Budi Himbau Warga Perhatikan Keamanan Rumah saat Ditinggal Mudik

Langkah tersebut, menurutnya, ahrus diambil mengingat populasi di ibu kota sudah sangat besar yakni mencapai 11,7 juta orang.

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat