visitaaponce.com

Istiqlal, Masjid Terbesar di Asia Tenggara yang Diperkuat 6 Lapis Pasokan Listrik

Istiqlal, Masjid Terbesar di Asia Tenggara yang Diperkuat 6 Lapis Pasokan Listrik
Masjid Istiqlal, Jakarta.(DOK. MI )

SAAT Ramadan dan menjelang Idulfitri 1444 H, PLN Unit Induk Distribusi Jakarta Raya siaga menjaga keandalan pasokan listrik 454 masjid yang menjadi pantauan utama termasuk Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat. Istiqlal yang menjadi masjid terbesar di Asia Tenggara dipasok dengan daya 1.730 kilo Volt Ampere (kVA) dan diperkuat dengan enam lapis pasokan listrik.

Istiqlal disuplai dari empat sumber listrik yang berbeda dilengkapi dua unit Uninterruptible Power Supply (UPS) total daya 340 kVA dan 1 unit genset. Saat pelaksanaan Salat Id, petugas juga bersiaga di lokasi untuk memastikan listrik andal.

General Manager PLN Unit Induk Distribusi Jakarta Raya, Doddy B. Pangaribuan sudah melakukan inspeksi ke beberapa masjid dan titik pantauan serta ke posko siaga PLN untuk memastikan peralatan dan personel dalam kondisi siap.

Baca juga: Masjid Istiqlal Jadi Masjid Pertama di Indonesia yang Masuk Metaverse

Doddy juga telah memimpin apel kesiapan kelistrikan Idulfitri yang digelar di halaman Masjid Raya Hasyim Asy'ari pada 17 April 2023. Peserta apel terdiri beberapa elemen personel siaga di antaranya petugas pelayanan teknik, pengawas, Pasukan dalam Keadaan Bertegangan (PDKB).

Untuk memastikan keandalan jaringan di berbagai lokasi, PLN UID Jakarta Raya telah menyiagakan 2.148 personel, 17 posko siaga, 10 Uninterruptible Power Supply (UPS), 9 Unit Kabel Bergerak (UKB), 38 Unit Gardu Bergerak (UGB), 8 Unit Trafo Bergerak (UTG), 76 mobil dan 68 motor Pelayanan Teknik, 1 unit genset, serta 7 unit crane.

Baca juga: Mudik Gratis BUMN, PLN Berangkatkan 10 ribu Pemudik

"Selain keandalan pasokan listrik untuk rumah ibadah, ada harga spesial tambah daya Rp 150.000 khusus untuk rumah ibadah, sehingga bisa lebih bebas menggunakan listrik untuk beribadah dengan nyaman melalui aplikasi PLN Mobile," ungkap Doddy dalam keterangan resmi, Rabu (19/4). (Put/Z-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat