visitaaponce.com

H2 Lebaran, Stasiun Gambir dan Pasar Senen Masih Dipadati Pemudik

H+2 Lebaran, Stasiun Gambir dan Pasar Senen Masih Dipadati Pemudik
Seorang penumpang akan menaiki kereta di Stasiun Pasar Senen.(MI / ADAM)

VOLUME pengguna jasa yang berangkat di momen Lebaran dari Stasiun Gambir dan Pasar Senen masih mengalami peningkatan yang tinggi meski sudah memasuki hari kedua lebaran (H+2). 

Pantauan keberangkatan di Stasiun Gambir dan Pasar Senen, Minggu (23/4), volume penumpang masih di atas 90% dari total ketersediaan tempat duduk. 

Pada Minggu (23/4), terdapat sekitar 23.700 penumpang berangkat dari Stasiun Pasar Senen dengan layanan 32 KA yang beroperasi. Sementara untuk Stasiun Gambir volume penumpang berangkat hari ini mencapai sekitar 16.700 dengan layanan 38 KA beroperasi. 

Baca juga: Pemudik Jalur Laut di Pelabuhan Trisakti Naik 13,13%

Secara total, okupansi keterisian tempat duduk dari pemberangkatan KA di area Daop 1 Jakarta untuk H+2 lebaran mencapai 98%. 

Secara total untuk jadwal keberangkatan 12 April sampai dengan 23 April (H-10 sampai dengan H2) tercatat sekitar 445 ribu pengguna jasa berangkat menggunakan KA Jarak Jauh dari Stasiun Gambir dan Pasar Senen di area Daop 1 Jakarta pada momen Lebaran. 

Puncak arus mudik dengan keterisian tempat duduk mencapai 100% terjadi pada 18 April sampai dengan 22 April 2023. 

Sementara itu, berdasarkan data Minggu (23/4) sekitar 617 ribu tiket untuk keberangkatan masa Angkutan Lebaran dari Stasiun Gambir dan Pasar Senen telah terjual. 

Baca juga: Buka Posko Mudik, PTPN IV Tawarkan Aneka Fasilitas Gratis di Rest Area Jalan Tol

Dari jumlah tersebut, mayoritas pemesanan dilakukan untuk jadwal keberangkatan pada tanggal favorit yakni tanggal 14 April sampai dengan 23 April 2023. 

Berdasarkan data tiket terjual pada tanggal-tanggal tersebut tingkat okupansi volume penumpang sudah mencapai 90% hingga 100% dengan volume penumpang berangkat tertinggi tercatat pada tanggal 18, 19, 20, 21 dan 22 April 2023 saat tingkat okupansi atau keterisian tempat duduk mencapai 100%. 

Adapun sejumlah kota tujuan yang menjadi pilihan favorit adalah Yogyakarta, Surabaya, Purwokerto, Kutoarjo, Semarang, Tegal, Solo, dan Bandung. (RO/Z-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat