visitaaponce.com

Polantas yang Menyimpang Akan Disanksi Tegas

Polantas yang Menyimpang Akan Disanksi Tegas
Berani bermain tilang manual, Polantas yang menyimpang akan dikenakan sanksi tegas.(MI/Moh Irfan)

POLRI kembali menerapkan tilang manual di sejumlah daerah di DKI Jakarta, tapi bukan berarti anggota polisi lalu lintas (Polantas) bisa melakukan perbuatan menyimpang. Mereka yang bermain dengan tilang akan dikenakan sanksi. 

"Polri akan memberikan sanksi tegas berupa sanksi disiplin atau sanksi kode etik atau sanksi pidana kepada personel Polri yang melakukan penyimpangan di lapangan," kata Kepala Divisi Humas Polri Irjen Sandi Nugroho, Selasa (16/5).

Sandi mengatakan Polri tidak akan lengah. Anggota di lapangan akan diawasi ketat.

Baca juga: Polri: Tilang Manual Kembali Diberlakukan karena Ada Peningkatan Pelanggaran Lalin

"Polri akan melakukan pengawasan dan pengendalian secara melekat dan berjenjang dalam melaksanakan giat operasional lalu lintas," tegas dia.

Tilang manual diterapkan kembali menyusul arahan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo kepada Polda jajaran. Listyo meminta jajaran lalu lintas melakukan penguatan kembali dalam penegakkan hukum pada bidang lalu lintas dengan memberlakukan tilang di tempat.

Baca juga: Polisi Terapkan Tilang Manual, IPW: Itu Kemunduran

 

"Tilang manual dilakukan pada pengguna jalan yang tertangkap tangan oleh petugas saat melakukan pelanggaran lalu lintas," ujar Sandi.

Sandi menyebut pihaknya melakukan evaluasi atas peniadaan tilang manual beberapa waktu lalu. Hasilnya, terjadi peningkatan pelanggaran lalu lintas di lokasi-lokasi yang tidak terjangkau kamera E-TLE atau kamera tilang elektronik.

"Terutama pada pelanggaran yang berpotensi menyebabkan kecelakaan lalu lintas. Sehingga, diperlukan pemberlakuan tilang manual sebagai upaya pendukung dan penguatan adanya tilang E-TLE, khususnya pada ruas jalan yang tidak terdapat kamera E-TLE," tutur jenderal bintang dua itu. (Z-3)
 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat