visitaaponce.com

Aduan Tarif Rp1 HUT DKI, Warga yang Dipungut Tarif Normal Bakal Dapat Refund

Aduan Tarif Rp1 HUT DKI, Warga yang Dipungut Tarif Normal Bakal Dapat Refund
Warga menggunakan bus Transjakarta bertarif Rp1 saat HUT ke-496 DKI Jakarta, Kamis (22/6/2023).(MI/Adam Dwi)

PULUHAN pengguna angkutan umum yang membayar tarif normal saat tarif Rp1 HUT DKI Jakarta pada 22 Juni lalu akan mendapatkan refund atau pengembalian dana.

Tarif Rp1 seharusnya diberlakukan untuk pengguna angkutan umum TransJakarta, LRT Jakarta, dan MRT Jakarta sebagai bentuk memeriahkan HUT ke-496 Jakarta pada 22 Juni.

Corporate Secretary and Legal Departement PT JakLingko Indonesia Kevin Haikal menyebut ada sekitar 10 laporan dari pengguna angkutan umum yang mengungkapkan masih terkena tarif normal saat HUT DKI. "Yang sudah melaporkan ada sekitar 10 orang. Saat ini proses 'refund' sudah kami lakukan," kata Haikal saat dihubungi, Jumat (23/6).

Baca juga : Tarif Rp1 Transportasi Publik untuk Rayakan HUT DKI

Haikal menyebutkan, sebagian besar proses pemotongan saldo kartu uang elektronik penumpang yang tidak sempurna karena masih dipotong tarif normal itu terjadi di TransJakarta dan LRT Jakarta.

Penyebabnya ada pada masalah sistem mesin tap on bus (TOB) di armada maupun halte-halte TransJakarta yang dikelola oleh berbagai macam operator.

Baca juga : PRJ 2023, Simak Jam Operasional dan Cara Beli Tiketnya

"Sebenarnya untuk persiapannya kami sudah 'sounding' sejak awal tahun ini. Karena kita tahu setiap HUT DKI biasanya memang Pemprov DKI menerapkan tarif tertentu," tuturnya.

Ia pun mempersilahkan kepada warga lainnya yang ingin melaporkan bila saat menggunakan angkutan umum Pemprov DKI saat HUT DKI tetapi masih terkena tarif normal.

"Kami akan melakukan proses pengembalian dana kepada penumpang yang memiliki bukti bahwa sudah terpotong tarif normal saat HUT DKI," kata Haikal. (Z-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat