visitaaponce.com

Uji Coba TransJakarta Rute Bandara Dimulai 4 Juli

Uji Coba TransJakarta Rute Bandara Dimulai 4 Juli
Warga menggunakan bus TransJakarta, Kamis (22/6).(MI/ADAM DWI-USMAN ISKANDAR)

TRANSJAKARTA rute Bandara Soekarno-Hatta akan mulai diuji coba pada 4 Juli mendatang. Hal itu disampaikan Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo saat ditemui di Balai Kota, Kamis (29/6).

Ia mengatakan, jam operasional rute tersebut terbagi dua yakni periode pertama pukul 06.00-09.00 WIB dan periode ketiga pukul 18.00-21.00 WIB. Namun, untuk hari pertama uji coba, bus berangkat pukul 07.30 WIB.

"Direncanakan 4 Juli dari Kalideres ke Bandara Soetta. Kemudian kita akan laksanakan uji coba pukul 07.30 WIB," kata Syafrin.

Ia menegaskan, TransJakarta rute bandara tidak secara khusus diperuntukkan bagi karyawan. Namun, ia mengingatkan bahwa titik antar di Bandara Soekarno-Hatta tidak akan melalui terminal keberangkatan maupun kedatangan penumpang.

Baca juga: PT Transjakarta Cari Identitas Pria yang BAB Sembarangan di JPO Semanggi

Titik antar jemput angkutan ini nantinya akan ada di Terminal Kalideres dan terminal kargo serta kantor PT Angkasa Pura (AP) II.

"Memang segmen di layanan ke Soetta saat ini memang tidak ada yang melayani langsung untuk penumpang karyawan. Sehlgmen itu yg diisi oleh TransJakarta tapi, nanti begitu TransJakarta masuk berbayar itu nanti jadi angkut umum tidak lagi angkutan karyawan," jelasnya.

Syafrin melanjutkan, TransJakarta akan membangun titik-titik perhentian di antara rute tersebut. Estimasi waktu tempuh dari Terminal Kalideres hingga Bandara Soekarno-Hatta adalah 45 menit hingga 90 menit. Syafrin menambahkan, waktu tunggu kedatangan bus atau headway dimaksimalkan hanya 20 menit.

Baca juga: Pemprov DKI Klaim Bus TransJakarta ke Bandara Tak Ganggu Damri

Uji coba akan dilakukan selama dua pekan. Selama masa tersebut, akan dilakukan evaluasi untuk didapatkan hasil kajian mengenai operasional rute tersebut.

"Kita harapan dua minggu kita sudah dapatkan gambaran secara utuh terkait dengan karakteristik perjalanan penumpangnya, kemudian karakteristik operasionalnya besaran tarif nanti akan ditentukan," tandasnya. (Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat