visitaaponce.com

Penyidik PMJ Terbang ke Bali Dalami Kasus TPPO Jual-Beli Ginjal

Penyidik PMJ Terbang ke Bali Dalami Kasus TPPO Jual-Beli Ginjal
Penyidik Polda Metro Jaya dalami kasus TPPO jual beli ginjal sampai ke Bali(MG Press)

KASUS Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO) dengan modus jual-beli ginjal saat ini masih dalam tahap penyidikan oleh Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Metro Jaya. 

"Tim penyidik secara berkesinambungan masih melakukan serangkaian kegiatan-kegiatan penyidikan", ungkap Kabid Humas Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Trunoyudo di Sekolah Polisi Negara (SPN) Polda Metro Jaya, Lido, Sukabumi, pada Selasa, (25/7). 

Saat ini, tim penyidik yang dipimpin oleh Direktur Reserse Kriminal Umum (Direskrimum) Polda Metro Jaya, Kombes Pol. Hengki Haryadi tengah berada di Pulau Dewata untuk melakukan rangkaian penyidikan terkait kasus TPPO tersebut.

Baca juga: Polisi Periksa Tiga Korban TPPO Penjualan Ginjal ke Kamboja 

"Penyidik yang dipimpin oleh Direskrimum Polda Metro Jaya saat ini melakukan rangkaian kegiatan di wilayah Bali, tentu kaitannya dengan TPPO", jelas Trunoyudo. 

Diketahui, para korban TPPO yang hendak melakukan prosedur jual ginjal di Kamboja, berangkat dari dua bandara yang ada di Indonesia, yaitu Bandara Soekarno Hatta di Tangerang, Banten dan Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali. 

Baca juga: Polisi Buru Pelaku Utama TPPO Jual Ginjal ke Kamboja

"Wilayah Bali kaitannya adalah tempat pemberangkatan para korban TPPO, pintu pemberangkatan", tambah Truno. 

Adapun petugas Imigrasi Ngurah Rai berinisial AH telah dipecat oleh Kepala Kanwil Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Bali akibat dirinya yang diduga terlibat dalam sindikat perdagangan ginjal. 

Sebelumnya, Polri menetapkan 12 tersangka kasus TPPO dengan modus penjualan organ ginjal jaringan Kamboja di Kecamatan Tarumaya, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat. 

Dari ke 12 tersangka tersebut, sembilan merupakan sindikat dalam negeri, satu orang adalah sindikat luar negeri, satu pegawai Imigrasi berinisial AH, dan satu anggota Polri berinisial Aipda M. (Z-10)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat