visitaaponce.com

489 Kebakaran Terjadi di Permukiman Jakarta Sepanjang Tahun Ini

489 Kebakaran Terjadi di Permukiman Jakarta Sepanjang Tahun Ini
Ilustrasi kebakaran(Antara)


BADAN Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta mencatat, sepanjang tahun ini, sudah terjadi 489 kebakaran yang melanda permukiman di ibu kota.

Kepala Pelaksana BPBD DKI Jakarta Isnawa Adji mengatakan sebagian besar kebakaran, yakni mencapai 347 kasus, terjadi karena korsleting listrik. Salah satunya adalah yang teranyar yakni peristiwa yang melanda permukiman warga di Jalan Kebon Jahe Kober, Petojo Selatan, Gambir, Jakarta Pusat, Rabu (23/8) malam lalu.

Kebakaran tersebut menghanguskan 154 rumah dan membuat 574 warga mengungsi.

Baca juga: Masak Ikan Ditinggal Main Gim Jadi Pemicu Kebakaran di Petojo

Guna mencegah terjadinya kebakaran akibat korsleting, BPBD akan menggandeng seluruh pihak terkait seperti PLN, pemadam kebakaran dan ahli konsuil untuk melakukan pemeriksaan instalasi listrik.

"Rencananya BPBD akan mengkoordinasikan damkar, PLN, ahli konsuil, Satpol PP dan lain-lain untuk memantau penanganan pengawasan instalasi listrik rumah kawasan padat hunian," kata Isnawa, Kamis (24/8).

Baca juga: Dua Lansia Tewas dalam Bencana Kebakaran di Petojo, Jakarta Pusat

Aksi pemantauan tersebut akan dilakukan di sepuluh kelurahan dengan kategori tinggi rawan kebakaran.

"Jumlah permukiman yang bakal dilakukan pemantauan pada tahap awal sedang kita kaji," tandasnya.

Dari total 489 kebakaran yang terjadi di permukiman tahun ini, Jakarta Timur menyumbang angka terbesar yakni mencapai 126 kejadian. Disusul Jakarta Barat dengan 112 kasus, Jakarta Utara 95 kasus, Jakarta Selatan 92 kasus. Kemudian, Jakarta Pusat mencatat 61 peristiwa, dan Kepulauan Seribu 3 peristiwa. (Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat