visitaaponce.com

DPRD Dorong Pemprov DKI Buat Roadmap Pengendalian Polusi Udara

DPRD Dorong Pemprov DKI Buat Roadmap Pengendalian Polusi Udara
Polusi udara di Jakarta(MI/Susanto)

ANGGOTA Komisi D DPRD DKI Jakarta Pantas Nainggolan mendorong agar Pemprov DKI Jakarta memiliki peta jalan atau 'roadmap' dalam hal pengendalian pencemaran udara. 

Dengan hadirnya peta jalan yang jelas, maka Pemprov DKI akan memiliki target-target terukur yang disertai dengan langkah kebijakan yang harus dilakukan guna menangani polusi udara.

Dengan demikian, kinerja Pemprov DKI dalam mengatasi polusi udara bisa diukur berdasarkan capaian target dalam peta jalan tersebut.

Baca juga : Pemprov DKI Bentuk Satgas Pengendalian Pencemaran Udara, Ini Tugasnya 

"Saya pikir membutuhkan pertama semacam roadmap.  Jadi ada tahapan-tahapan," kata Pantas saat dihubungi, Selasa (5/9).

Menurut dia, dengan adanya peta jalan, Pemprov DKI pun harus terus-menerus konsisten melakukan berbagai langkah untuk mengatasi polusi udara. Sehingga, pengentasan polusi udara tidak hanya secara periodik dan kasuistis seperti yang sedang terjadi saat ini.

Baca juga : Masker Bedah Bisa Jadi Pilihan Saat Udara tidak Sehat

"Juga yang perlu adalah konsistensi," ujarnya.

Menurut dia, di atas kertas, Pemprov DKI sudah memahami apa yang harus dilakukan untuk mengurangi polusi udara. Namun, ia menegaskan harus ada tahapan serta indikator tertentu di mana langkah ekstrem diperlukan guna mengurangi polusi udara semakin buruk.

Peta jalan juga berfungsi mendorong berbagai pihak guna turut berkontribusi dalam pengurangan polusi udara.

"Emisi dari dulu sudah kita, tapi kan stop gitu aja. Jadi ini saya pikir harus terus dilakukan. Seiring dengan waktu siapa tahu suatu ketika apakah izin-izin tertentu bisa dicabut," tukas politikus PDIP itu. (Z-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat