visitaaponce.com

KTT ASEAN Selesai, Indonesia Tempati 5 Besar Kualitas Udara Terburuk di Dunia

KTT ASEAN Selesai, Indonesia Tempati 5 Besar Kualitas Udara Terburuk di Dunia
Tugu Monas sebagai ikon Kota Jakarta dan gedung bertingkat terlihat samar karena polusi udara di Jakarta.(MI/Susanto)

KONFERENSI Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN telah selesai, kemarin, Kamis (7/9). Hari ini, Jumat (8/9), Jakarta kembali menempati peringkat lima besar kota dengan kualitas udara terburuk di dunia.

Berdasarkan pantauan Media Indonesia di situs Air Quality Index (AQI) pukul 08.41 WIB, Jakarta menempati urutan keempat dengan skor 167 atau tidak sehat.

Berada di urutan pertama adalah Kota Kuwait dengan skor 172 dan disusul Kota Beijing, Tiongkok di urutan kedua dengan skor 170. Di urutan ketiga ada Kota Lahore, Pakistan dengan skor 169.

Baca juga: Kualitas Udara DKI Jakarta tidak Sehat pada Jumat Pagi

Di bawah Jakarta ada Kota Kuala Lumpur, Malaysia  dengan skor 155. Sementara itu, di lingkup Nasional, Jakarta menempati urutan keempat dengan skor 167.

Kota dengan kualitas udara terburuk di Indonesia adalah Kota Depok, Jawa Barat dengan skor 173. Di urutan kedua adalah Kota Tangerang Selatan dengan skor 172 dan di urutan ketiga ada Kabupaten Serang dengan skor 171.

Sebelumnya, kualitas udara Jakarta sempat membaik selama perhelatan KTT ASEAN. Pada Selasa (5/9), skor kualitas udara Jakarta adalah 114 dan berada di urutan ke-10 kota dengan kualitas udara terburuk.

Baca juga: Tutup Ventilasi Rumah Bisa Minimalisir Dampak Polusi Udara

Pemprov DKI Jakarta melakukan berbagai upaya sebagai respons cepat untuk menangani polusi udara, khususnya selama KTT ASEAN, di antaranya dengan menerapkan kerja dari rumah hingga 75% bagi ASN yang berkantor di sekitar lokasi acara KTT ASEAN, mengimbau karyawan swasta menerapkan kerja dari rumah, menyemprot air dari gedung tinggi dengan 'water mist generator', hingga menerapkan tilang uji emisi pada 1 September lalu. (Z-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat