visitaaponce.com

Heru Tegaskan Tak Hapus Jalur Sepeda

Heru Tegaskan Tak Hapus Jalur Sepeda
Stick cone yang rusak di jalur sepeda DKI Jakarta(MI/Ramdani)

PENJABAT Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono menegaskan tidak akan menghapus jalur sepeda yang sudah dibangun oleh para pemimpin Ibukota terdahulu.

Heru menegaskan, pencabutan stick cone yang dilakukan Dinas Perhubungan DKI Jakarta di dekat Stasiun Palmerah, Jakarta Selatan diakibatkan oleh kerusakan tiang stick cone yang justru bila tidak dicabut dikhawatirkan dapat membahayakan pengguna jalur sepeda.

"Pertama, jalur sepeda berdasarkan laporan Kadishub itu kan rusak ditabrak oleh kendaraan. Maka untuk keamanan ya dicabut. Diambil. Tidak menghapus jalur sepeda loh. Cuma cone yang rusak sudah diambil," ujar Heru di Balai Kota, Rabu (18/10).

Baca juga : Pesepeda Tewas Setelah Terserempet Sepeda Motor di Kawasan Marunda, Jakut

Sementara itu, Heru mengatakan masih menunggu hasil evaluasi Dishub DKI Jakarta terhadap jalur sepeda. Dishub DKI memiliki anggaran Rp7 miliar tahun ini untuk melakukan evaluasi total terhadap jalur sepeda di Jakarta.

"Yang berikutnya evaluasi nanti kita lihat akhir tahun evaluasinya bagaimana. Saya tidak antipati jalur sepeda itu tidak dibangun, tidak. Tempat-tempat tertentu kalau memang itu dibutuhkan sesuai dengan jalur sepeda ya silakan," pungkasnya.

Baca juga : 3 Juni Hari Sepeda, Belanda Ajak Indonesia Gunakan Sepeda sebagai Transportasi Utama

Namun, ia menegaskan jalur sepeda yang ada harus dievaluasi agar efektif digunakan masyarakat. Selain itu, evaluasi juga berkenaan dengan pemeliharaan yang dibutuhkan terhadap jalur sepeda.

"Nah, yang ada efektifitasnya gimana. Berikutnya jalur sepeda yang ada itu dirapikan. Perawatan cat kurang bagus ya dicat kembali. Kalau gambar sepedanya tinggal ban saja itu digambar lagi," tandasnya.

Sebelumnya, video beredar di media sosial X yang merekam kegiatan petugas Dishub DKI membongkar beberapa stick cone pembatas jalur sepeda di Jl Tentara Pelajar, Jakarta Selatan. 

Pembongkaran itupun menuai kritik karena diduga dilakukan karena Dishub DKI ingin menghapus jalur sepeda peninggalan Mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (Z-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat