visitaaponce.com

Sopir Bus Angkutan Lebaran Jalani Tes Kesehatan Periksa Urine dan Narkoba

Sopir Bus Angkutan Lebaran Jalani Tes Kesehatan Periksa Urine dan Narkoba
Ilustrasi: ratusan PNS di Pemerintah Kota Tasikmalaya menjalani tes urine(MI/Kristiadi)

DINAS Perhubungan DKI Jakarta melakukan tes kesehatan khususnya periksa urine dan narkona terhadap para pengemudi bus yang akan membawa penumpang angkutan lebaran, termasuk program mudik gratis dari Pemprov DKI Jakarta. Tes yang dijalani sopir itu bukan hanya soal kondisi fisik, tetapi juga pemeriksaan narkoba dan urine.

"Untuk sopir armada ada tes kesehatan dan tes bebas narkoba. Itu sudah dilakukan," ujar Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) DKI Jakarta, Syafrin Liputo, saat dikonfirmasi, Rabu (27/3).

Syafrin menambahkan, tes yang dijalani sopir itu bukan hanya soal kondisi fisik, tetapi juga pemeriksaan narkoba. Keluh kesah sopir Bus AKAP pada masa mudik lebih sering Lebaran di jalan.

Baca juga : 27 Ribu Orang Bisa Ikut Program Mudik Gratis Pemprov DKI Jakarta

Syafrin mengatakan, pemeriksaan kesehatan itu untuk memastikan sopir bus angkutan Lebaran 2024 dalam keadaan sehat saat bertugas mengantar pemudik ke kampung halaman masing-masing.

"Lalu terpenting syarat utama adalah sopir bus sudah harus mengenal medannya. Artinya jika satu bus melayani ke Palembang, maka pengemudi harus memahami jalur lalu lintas ke arah itu," kata Syafrin.

"Artinya pengemudi Bus AKAP melayani sehingga kesalahan di jalan karena ketidaktahuan sopir terhadap kondisi jalan bisa diminimalisir," jelas dia. Diberitakan sebelumnya, Dishub DKI Jakarta menggelar program mudik gratis Lebaran 2024. Kuota yang tersedia kurang lebih 18.760 orang.

Baca juga : Anggaran Cekak, Kuota Mudik Gratis Terbatas

Syafrin menjelaskan, 259 armada disediakan bagi masyarakat dengan tujuan ke 19 daerah di enam provinsi di Indonesia.

"Untuk armada bus ada 259 unit khusus yang arus mudik. Terdapat 19 Kota/Kabupaten yang menjadi tujuan mudik tersebar di enam provinsi," ujar Syafrin.

Selain itu, Dishub DKI juga menyediakan sebanyak 13 unit truk untuk arus mudik dan 10 untuk arus balik. Truk ini digunakan untuk mengangkut sepeda motor pemudik.

Untuk itu, Dishub DKI telah melakukan proses pemilihan penyedia. Rencananya, peserta mudik gratis 2024 akan diberangkatkan pada 4 April 2024.

"Pada tanggal 3 April itu pemberangkatan truk pengangkut sepeda motor dan 4 April untuk pemberangkatan bus pengangkut penumpang," ujar Syafrin. (Ssr/Z-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat