visitaaponce.com

Rute MRT Jakarta 2023, Syarat Naik dan Cara Membeli Tiket

Rute MRT Jakarta 2023, Syarat Naik dan Cara Membeli Tiket
Mau menggunakan MRT Jakarta? Ini cara dan rute yang dilalui MRT Jakarta.(MI/Susanto)

MASS Rapid Transit (MRT) di Jakarta adalah sistem angkutan massal bawah tanah yang pertama di Indonesia dan resmi beroperasi pada Maret 2019. MRT Jakarta adalah salah satu solusi untuk mengatasi kemacetan lalu lintas dan memfasilitasi mobilitas penduduk di ibu kota.  

Setiap harinya, MRT Jakarta beroperasi mulai dari sekitar pukul 05:30 WIB hingga sekitar pukul 23:00. Meski begitu, tidak semua rute MRT berada di bawah tanah, sebagian rute berada di atas permukaan.

Berikut 13 stasiun MRT yang beroperasi di Jakarta

Baca juga: MRT Jakarta Siapkan Depo Baru di Lahan Reklamasi Ancol

  • Stasiun Lebak Bulus
  • Stasiun Fatmawati
  • Stasiun Cipete Raya
  • Stasiun Haji Nawi
  • Stasiun Blok A
  • Stasiun Blok M
  • Stasiun ASEAN
  • Stasiun Senayan
  • Stasiun Istora Senayan
  • Stasiun Bendungan Hilir
  • Stasiun Setiabudi Astra
  • Stasiun Dukuh Atas
  • Stasiun Bundaran HI

Jalur MRT ini terbagi atas jalur layang, yaitu jalur kereta yang melintas di atas jalan-jalan utama Jakarta dengan pilar besar yang menopangnya. Sementara jalur bawah tanah, seperti namanya, kereta melintas melalui terowongan di bawah tanah kota Jakarta.

Baca juga: Jadi Objek Vital Nasional, MRT Jakarta Pastikan Keamanan Jelang Hajatan Politik

Jalur Layang (Stasiun Lebak Bulus – Stasiun ASEAN)

Melintas di antara pilar-pilar penopang rel kereta yang besar, jalur MRT ini memiliki 7 stasiun yang terletak di berbagai lokasi berbeda:

  1. Stasiun Lebak Bulus, titik awal keberangkatan kereta MRT dan juga menjadi Dipo MRT atau tempat perawatan kereta. Kamu bisa ke sini menggunakan bus Transjakarta menuju Halte Lebak Bulus.
  2. Stasiun Fatmawati, stasiun yang ada di daerah Cilandak, Jakarta Selatan. Pada jalur MRT Jakarta ini, sobat tiket bisa melihat kereta yang melintas melewati jalan Tol Lingkar Luar Jakarta.
  3. Stasiun Cipete Raya, tidak jauh dari Stasiun Fatmawati, Stasiun Cipete Raya juga berada di daerah Cilandak dan jalur ini dibangun di atas Jalan Raya Fatmawati.
  4. Stasiun Haji Nawi, berlokasi di daerah Gandaria Selatan, nama stasiun ini diambil dari mendiang saudagar betawi yang memiliki tanah di kawasan ini.
  5. Stasiun Blok A, melintas di daerah Cipete Utara, Jakarta Selatan, jalur ini berada di lokasi yang dahulu terkenal sebagai sentral area perdagangan dan komersial di Jakarta Selatan, Kawasan Blok A.
  6. Stasiun Blok M, berada di dekat bangunan Mal Blok M Plaza, jalur ini memiliki jembatan penghubung menuju langsung ke dalam mal. Stasiun ini juga dapat terintegrasi dengan terminal bus serta halte Transjakarta Blok M.
  7. Stasiun ASEAN, sebelumnya bernama Stasiun Sisingamangaraja, lokasi stasiun ini berada di depan persis Gedung Kementrian Agraria dan Tata Ruang/ Badan Pertanahan Nasional dan Gedung Sekretariat ASEAN. Stasiun ini adalah jalur MRT layang terakhir sebelum melintas masuk menuju bawah tanah.

Jalur Bawah Tanah (Stasiun Senayan – Stasiun Bundaran HI)

Memasuki terowongan bawah tanah, jalur MRT ini melewati 6 stasiun bawah tanah dari Jakarta Selatan menuju Jakarta Pusat. Stasiun-stasiun itu antara lain:

  1. Stasiun Senayan, stasiun bawah tanah pertama ini akan terintegrasi langsung dengan halte Transjakarta Bundaran Senayan. Lokasinya juga berada dekat dengan beberapa pusat perbelanjaan seperti Ratu Plaza, Senayan City, Plaza Senayan, hingga Senayan Trade Center.
  2. Stasiun Istora Senayan, dibangun di bawah jalan utama Jenderal Sudirman, stasiun ini menjadi pemberhentian bagi sobat tiket yang ingin menuju kawasan Stadion Gelora Bung Karno (GBK).
  3. Stasiun Bendungan Hilir, stasiun ini berada di bawah kawasan gedung perkantoran Sudirman dan sekitarnya yang banyak jadi tempat pemberhentian karyawan swasta.
  4. Stasiun Setiabudi Astra, masih berada di kawasan Sudirman, stasiun ini dinamakan demikian karena dekat dengan Gedung Astra.
  5. Stasiun Dukuh Atas, terletak di daerah Kebon Melati, Jakarta Pusat, pada jalur ini terintegrasi dengan beberapa layanan transportasi lainnya mulai dari Transjakarta, KRL Commuter Line hingga kereta cepat Bandara Soekarno Hatta.
  6. Stasiun Bundaran HI, stasiun bawah tanah pemberhentian selanjutnya terletak di kawasan internasional Jakarta. Terletak dengan pusat perbelanjaan, gedung kantor kedutaan, hingga landmark khas kota Jakarta yaitu, Patung Selamat Datang.

Syarat Naik MRT

Untuk menggunakan MRT, Anda perlu memperhatikan beberapa syarat di bawah ini.

  1. Tidak ada pembatasan usia yang berlaku bagi pengguna MRT Jakarta.
  2. Anda harus mengenakan masker dan memastikan bahwa kondisi kesehatan Anda dalam keadaan baik. Untuk detailnya, silakan merujuk ke sumber yang tersedia.
  3. Anda dapat membeli tiket MRT Jakarta secara daring melalui MRT-J atau dengan cara konvensional, yaitu dengan membawa kartu perjalanan TMT (Tiket Multi Trip) dan kartu elektronik yang memiliki saldo yang mencukupi.
  4. MRT juga mengizinkan penumpang membawa sepeda, baik yang dapat dilipat maupun yang tidak, dengan beberapa ketentuan berikut:
  • Sepeda yang dapat dilipat dapat dibawa setiap saat dan di seluruh stasiun.
  • Namun, untuk sepeda yang tidak dapat dilipat, hanya diperbolehkan naik dan turun di empat stasiun tertentu, yaitu Lebak Bulus Grab, Blok M BCA, Istorat Mandiri, dan Bundaran HI, dan hanya di luar jam sibuk (07.00-09.00 dan 17.00-19.00 WIB).

Tiket dan Tarif

Mulai 1 Juli 2023, tersedia beberapa metode pembayaran untuk membeli tiket MRT Jakarta, baik secara daring maupun luring. Harga tiket biasanya terjangkau dan opsi pembayaran non-tunai seperti kartu transportasi.

Anda dapat memperoleh tiket MRT Jakarta secara daring melalui aplikasi MRT-J dengan beragam pilihan metode pembayaran seperti kode QR AstraPay, i.Saku, dan BLU BCA Digital. Selain itu, tiket MRT Jakarta bisa didapatkan secara langsung dengan mengunjungi stasiun-stasiun MRT dan menggunakan kartu uang elektronik dari bank atau menggunakan kartu jelajah MRT dan JakLingko.

Untuk tarif perjalanan MRT Jakarta, di stasiun terdekat, tarifnya berkisar antara Rp3.000 hingga Rp14.000 untuk mencapai stasiun terakhir.

MRT Jakarta telah membantu mengurangi kemacetan lalu lintas di ibu kota dan memberikan alternatif transportasi yang cepat dan efisien. Selain itu, layanan ini terus berkembang, dengan rencana untuk menambah rute dan ekstensi dalam upaya untuk semakin memfasilitasi mobilitas penduduk Jakarta. (Z-3)
 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat