visitaaponce.com

Polisi Jamin Keamanan Aksi Bela Palestina Besok

Polisi Jamin Keamanan Aksi Bela Palestina Besok
Aksi bela Palestina yang akan berlangsung di Monas, Minggu (5/11), akan mendapatkan pengawalan dari kepolisian.(MI/Usman Iskandar)

POLRES Metro Jakarta Pusat memastikan sudah menyiapkan skema pengamanan dalam aksi bela Palestina yang akan diselenggarakan di Monas pada Minggu, 5 November 2023. Kegiatan itu diinisiasi Majelis Ulama Indonesia (MUI).

"Jajaran pusat bersama Polda Metro Jaya siap untuk melaksanakan pengamanan melayani kegiatan besok," kata Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Susatyo Purnomo Condro di Jakarta, Sabtu (4/11).

Susatyo menjelaskan pengamanan penting untuk memastikan rangkaian acara berjalan lancar. Massa yang hadir juga diharap tidak mudah diprovokasi. "Kita berharap kegiatan besok bisa berjalan aman, tertib, pesan-pesan yang disampaikan juga bisa diterima oleh masyarakat dan kami pastikan bahwa kegiatan dari sejak awal sampai akhir tidak terjadi masalah," ujar Susatyo.

Baca juga: Ini Bantuan untuk Palestina yang Dikirimkan Indonesia

Polisi juga memastikan akan mengupayakan menghalau penyusup dalam aksi positif tersebut. Massa yang hadir juga diharap membantu. "Pada intinya tertib, para korlap atau penanggung jawab acara itu juga bisa menjamin bahwa peserta yang mengikuti giat besok itu bisa sesuai dengan ketentuan," kata Susatyo. 

Awas Penyusupan Saat Aksi Bela Palestina

Baca juga: INH Apresiasi Indonesia Kirim Bantuan ke Gaza

Densus 88 meminta masyarakat yang akan menghadiri acara aksi bela Palestina berhati-hati dengan penyusupan. "Bahwa tentu kita mengimbau masyarakat supaya waspada atau istilahnya apabila dalam kegiatan tersebut berhati-hati terhadap kehadiran atau adanya pemanfaatan atau ditunggangi oleh kelompok-kelompok teror tersebut," kata juru bicara densus 88 Kombes Aswin Siregar di Jakarta, Sabtu, 4 November 2023.

Aswin mengimbau masyarakat tidak mudah diprovokasi oleh pihak-pihak tertentu besok. Terbilang estimasi massa yang akan hadir mencapai dua juta orang. Dia menyebut aksi tersebut merupakan positif sebagai solidaritas Indonesia kepada warga Palestina. Karenanya, jangan sampai ada kejadian yang tidak diinginkan terjadi.

"Kita mengumpulkan donasi. Kita tidak masalah tentu dengan sumbangan beramal itukan memang wajib buat kita semua," kata Aswin.

Densus 88 memastikan bakal memantau acara tersebut. Aswin menegaskan kehadiran kelompoknya bertujuan untuk memastikan kegiatan berlangsung dengan aman. "Bagi kami Densus kami akan memonitor adakah aktivitas kelompok teror yang nanti akan menunggangi atau masuk dalam situ," ujar Aswin. (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat