visitaaponce.com

Revitalisasi Halte Cawang UKI Capai 65 Persen, Kapasitas Ditingkatkan 3 Kali Lipat

Revitalisasi Halte Cawang UKI Capai 65 Persen, Kapasitas Ditingkatkan 3 Kali Lipat
Revitalisasi Halte TransJakarta Cawang sudah 65% rampung( MI/ ADAM DWI)

PT TransJakarta melakukan revitalisasi Halte Cawang UKI yang merupakan salah satu halte transit sentral di wilayah Jakarta Timur.

Direktur Utama PT TransJakarta Welfizon Yuza mengatakan progres revitalisasi Halte Cawang UKI sudah mencapai 65% dan ditargetkan rampung akhir tahun ini.

"Halte Cawang sentral ini progresnya sampai hari ini sudah sampai 65%-70%, kita targetkan di akhir tahun nanti sudah bisa dioperasikan," ucap Welfizon kepada awak media saat meninjau revitalisasi Halte Cawang UKI, Jumat (17/11).

Baca juga: TransJakarta Selesaikan Revitalisasi 45 Halte Hingga Tahun Depan

Kapasitas halte tersebut akan ditingkatkan agar mampu menampung penumpang lebih banyak sehingga proses transit akan menjadi lebih nyaman. Sebelumnya, luas halte tersebut adalah 215 meter persegi dan saat ini telah ditambah menjadi 625 meter persegi.

"Jadi kira-kira kapasitas di Halte Cawang sentral ini naik tiga kali lipat dari sebelumnya sekitar 800-an pelanggan dalam waktu bersamaan. Saat ini bisa menampung sekitar 2.400 pelanggan," jelasnya.

Baca juga: Ada Konser Coldplay, TransJakarta Perpanjang Jam Operasional

Setelah direvitalisasi, halte ini mendapatkan penambahan fasilitas lain seperti mushola untuk laki-laki dan perempuan yang terpisah serta toilet umum dan toilet disabilitas.

Selain itu, dengan luas yang naik dan bertambah menjadi tiga kali lipat, jumlah titik pemberhentian bus untuk menaikkan dan menurunkan penumpang di halte ini bertambah. Semula halte ini dapat menjadi tempat pemberhentian empat bus dengan masing-masing dua unit di sisi kanan dan kiri menjadi enam bus masing-masing tiga unit di kanan dan kiri halte.

"Sehingga diharapkan dengan volume yang cukup besar melalui halte ini proses antrean dan proses penaikan pelanggan penurunan juga bisa tepat. Tentunya harapannya perjalanannya ini menjadi lebih efisien," ujarnya.

Tidak hanya tangga, halte juga dilengkapi dengan eskalator maupun elevator bagi penumpang lansia dan disabilitas. Di samping itu, Halte Cawang UKI juga telah mengusung konsep ramah lingkungan dengan konsep yang terbuka sehingga tidak memerlukan banyak penerangan di siang hari.

"Disini akan melayani 12 rute. Kurang lebih nanti dari utara itu melayani Tanjung Priok, kemudian Ancol, kemudian Pluit, kemudian ke arah di Kota ke tengah nanti akan ada arah UKI. Kemudian selatan dari Kampung Rambutan, PGC maupun Pinang Ranti," ujar Direktur Teknik dan Digital TransJakarta Mohamad Indrayana dalam kesempatan yang sama. (Z-10)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat