visitaaponce.com

Hujan Angin, Menara Masjid Setinggi 20 Meter Ambruk

Hujan Angin, Menara Masjid Setinggi 20 Meter Ambruk
Menara setinggi 20 meter di Bogor ambruk(MI/Dede Susianti)

HUJAN lebat disertai angin kencang hampir merata terjadi wilayah Bogor Raya (kota dan kabupaten) pada Sabtu (18/11). Cuaca ekstrem itu mengakibatkan menara Masjid Nurul Qomar, setinggi 20 meter ambruk di Desa Kali Suren, Kecamatan Tajur Halang, Kabupaten Bogor.

Sekretaris Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Masjid Nurul Qomar Baharman Hasyim mengungkapkan, peristiwa ambruknya menara tersebut terjadi sekitar pukul 16.00 WIB atau setelah pelaksanaan salat ashar berjamaah. Selain menara, beberapa bagian atap dari bangunan masjid juga rusak.

"Saat kejadian, cuacanya memang sedang hujan lebat. Ditambah anginnya kencang disertai petir. Menara yang ambruk tingginya sekitar 20 meter," ungkap Baharman kepada Media Indonesia, Sabtu (18/11) malam.

Baca juga: Laga Piala Dunia U-17 Selandia Baru Vs Meksiko Ditunda karena Hujan

Dia menjelaskan, bangunan menara yang letaknya ada di halaman masjid itu ambruk dan materialnya menimpa sebagian atap bangunan utama masjid.

Kerusakannya terjadi di bagian atap pada sudut depan bangunan utama sebelah kanan.

Baca juga: Ini Tips Agar Kulit Kepala Tetap Sehat di Musim Hujan

Meski demikian lanjutnya, bangunan masjid masih tetap bisa digunakan untuk pelaksanaan ibadah karena plafonnya tidak mengalami kerusakan dan tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut. Hanya saja tetap berbahaya.

Sementara itu, berdasarkan informasi yang ditayangkan Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) Kabupaten Bogor, Jawa Barat, masjid tersebut dibangun pada tahun 2018.

Masjid tersebut dibangun dengan menelan biaya Rp 5,5 miliar. Saat itu lelangnya dimenangkan oleh PT Yasuba Dwi Perkasa.

Adapun sumber anggarannya berasal dari anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) tahun 2018, melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Bogor. (Z-10)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat