visitaaponce.com

Bangun Sejuta Sambungan Baru, PAM Jaya Optimistis Target 100 Persen Total Pelanggan Tercapai

Bangun Sejuta Sambungan Baru, PAM Jaya Optimistis Target 100 Persen Total Pelanggan Tercapai 
Para pejabat Perumda PAM Jaya di acara Media Gathering dengan wartawan Balkoters di Pulau Dewata, Bali, Sabtu (25/11). (MI/HO)

MEMASUKI 2024, Perumda PAM Jaya mulai melakukan percepatan target cakupan layanan pelanggan mencapai 100% melalui berbagai pekerjaan besar. Berbagai kegiatan demi kepuasan warga Jakarta yang belum tersentuh air bersih, antara lain, menambah produksi air bersih dan pemasangan jaringan perpipaan bakal terjadi berbagai gangguan sarana umum seperti banyaknya galian lobang dan kemacetan di sana-sini wilayah Ibu Kota.

"Kami mohon maaf, selama kegiatan tersebut tentu bakal terjadi chaos yang tidak bisa terhindarkan, karena mulai tahun baru kami secara bertahap menambah jaringan pipa untuk satu juta pelanggan baru yang selama ini belum tersentuh layanan PAM Jaya," kata Direktur Utama (Dirut) PAM Jaya Arief Nasrudin di acara Media Gathering dengan wartawan Balkoters di Pulau Dewata, Bali, Sabtu (25/11). 

Arief menambahkan, pihaknya berharap kesadaran masyarakat dan seluruh stake holder atas dampak yang timbul dari kegiatan tersebut. Sejak awal Februari 2023, PAM Jaya secara mandiri mengelola air bersih dan mendapat tugas besar dari Pemprov DKI untuk mewujudkan kedaulatan air Jakarta pada tahun 2030. 

Baca juga: Demi Wujudkan Kedaulatan Air 2024, PAM Jaya Pasang Pipa Besar

Untuk mewujudkan hal itu,  BUMD bidang air bersih ini berkewajiban menambah produksi air lebih dari dua kali lipat sejak sekarang dan menambah jaringan pipa baru untuk melayani seluruh warga DKI Jakarta. 

"Dalam waktu enam tahun ke depan, PAM Jaya harus bisa wujudkan 2 juta sambungan perpipaan, baik yang baru maupun lama," kata Arief pada acara yang dihadiri Ketua Dewas, Irjen Pol (Purn) M Arkan Hamzah, jajaran Direksi, dan Corcom PAM Jaya. 

"Dari dulu hingga sekarang cakupan layanan baru mencapai 65% dengan jumlah sambungan sekitar 1 juta. Untuk penambahan 35%, kami juga harus bangun jaringan sekitar 1 juta itu sesuai kebutuhan lapangan. Sebab dari kondisi eksisting bahwa satu juta jaringan lama itu ternyata cuma 50% dari kebutuhan total dua juta jaringan. Pasalnya,  banyak langganan kalangan usaha maupun perkantoran itu cuma dihitung satu seperti halnya langganan rumah tangga," ujarnya di hadapan puluhan wartawan Koordinatoriat Balai Kota dan DPRD DKI Jakarta alias Balkoters ikut mengikuti acara Media Gathering dari Jumat (24/11) sampai Minggu (26/11).

Baca juga: Pembangunan IPA Pesanggrahan Dimulai, Targetkan Aliri Air ke 10 Kelurahan

Dalam keterangan yang didukung dengan data, selama satu setengah tahun kepemimpinan Arief sebagai dirut sudah banyak sekali terobosan dilakukannya bersama jajaran serta dukungan Pemprov DKI. 

Terobosan paling anyar adalah berhasil melakukan sambungan baru untuk puluhan ribu warga Kelurahan Kebon Kosong,  Kemayoran, Jakarta Pusat. 

"Banyak warga yang menangis terharu, karena impian mereka selama 38 tahun baru bisa direalisasi pada dua hari lalu sebelum kita berangkat ke Bali," lanjut Direktur Pelayanan Perumda PAM Jaya, Syahrul Hasan.

Betapa bahagia warga yang tinggal di tengah pusat Ibu Kota, namun baru saat ini mereka bisa menikmati layanan air bersih yang lancar dan murah. 

"Sebelumnya, per keluarga rata-rata mengeluarkan biaya sekitar Rp1,2 juta per bulan untuk air yang dibeli dari gerobak dorong. Tapi dengan adanya sambungan pipa di rumah mereka, diperkirakan pengeluaran untuk air bersih cuma sekitar Rp80 ribu per bulan," jelas Syahrul dengan perhitungan harga air per golongan dari asongan Rp6 ribu adapun air dari PAM Jaya cuma Rp1.0 per atau serupiah per liter.

Sejumlah wartawan yang hadir pada acara tersebut memuji terobosan yang dilakukan PAM Jaya, terutama untuk melayani masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) agar mereka bisa berteman. 

Ketua Balkoters DKI Jakarta, Sammy Edward Wattimena, menyampaikan terima kasih kepada PAM Jaya yang mengajak puluhan wartawan untuk berdiskusi dan bersilaturahmi di Pulau Wisata Bali. 

"Kegiatan Media Gathering makin mempererat sinergi antara PAM Jaya dan Balkoters untuk saling mendukung pembangunan Jakarta melalui bidang masing-masing," kata Sammy. (Z-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat