visitaaponce.com

Jelang Nataru, Penumpang Bandara Soekarno Hatta Diprediksi Meningkat Hingga 12,5 Persen

Jelang Nataru, Penumpang Bandara Soekarno Hatta Diprediksi Meningkat Hingga 12,5 Persen
Pengelola Bandara Soekarno Hatta siapkan anggukutan khusus Nataru 2023(MI/SUMARYANTO BRONTO)

MENJELANG Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023/2024, PT Angkasa Pura (AP II), selaku pengelola Bandara Soekarno Hatta, memprediksi akan terjadi kenaikan penumpang hingga mencapai 12,5%. Untuk menghadapi lonjakan tersebut, perusahaan pelayanan perjalanan udara itu mempersiapkan periode peak season angkutan natal dan tahun baru sesuai dengan kebutuhan.

“Kami memperkirakan jumlah pergerakan penumpang di Bandara Internasional Soekarno-Hatta mencapai 148.461 penumpang pada periode angkutan nataru 2023/2024 atau 18 Desember 2023 - 4 Januari 2024 (H-7 hingga H+3). Jumlah ini naik 12,5% dibandingkan dengan angkutan nataru 2022/2023.” ungkap Executive General Manager Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Dwi Ananda Wicaksana.

Adapun puncak arus keberangkatan pertama, lanjut dia, diperkirakan terjadi pada Jumat, 22 Desember 2023, lalu puncak arus keberangkatan kedua pada Jumat, 29 Desember 2023. Sementara itu, puncak arus balik pada 2 Januari 2024.

Baca juga: DPR Minta Layanan Transportasi bagi Masyarakat Hadapi Nataru Harus Lebih Baik

Dwi Ananda Wicaksana menuturkan penumpang pesawat pada periode nataru ini didominasi wisatawan yang ingin berlibur.

Sejalan dengan peningkatan lalu lintas penerbangan dan jumlah penumpang pesawat, tambahnya, Bandara Internasional Soekarno-Hatta telah menyiapkan rencana operasi, baik dari sisi kesiapan personel maupun lainnya.

Baca juga: Jelang Nataru, Pj Wali Kota Sukabumi Sidak Harga dan Pasokan Komoditas

" Untuk personil, Kami akan menyiagakan sebanyak 3.147 orang, baik dari internal maupun eksternal," ungkapnya,

Begitupula, imbuhnya, dengan seluruh fasilitas pelayanan dan operasional dipastikan juga siap dalam melayani peningkatan lalu lintas penerbangan.

Lebih jauh Dwi menjelaskan, dalam persiapan itu, semua bandara dibawah naungan AP II juga dilengkapi dengan fasilitas TravelinPass guna memungkinkan penumpang pesawat memproses keberangkatan hanya dengan wajah melalui biometric face recognition, sehingga dapat mempersingkat waktu proses di bandara.

Terkait aspek keselamatan, kata dia, Bandara Internasional Soekarno-Hatta mempersiapkan unit Airport Rescue & Fire Fighting (ARFF) untuk selalu siaga.

Sedangkan untuk mengasah skill dan meningkatkan kemampuan petugas tersebut, kata Dwi, unit ARFF AP II menggelar ARFF Challenge dan ARFF Summit dengan tema ‘Breaking the Limits, Preparing for the Next Challenge’ pada 20 - 22 November dan 28 - 30 November 2023.

ARFF Challenge dan ARFF Summit itu dilakukan, katanya, bertujuan untuk menguji dan meningkatkan kesiapan, kesigapan dan kecakapan personel ARFF.

“Penyelenggaraan ini bertepatan menjelang periode angkutan nataru, sehingga kegiatan ini juga menjadi ajang meningkatkan kemampuan dan kesigapan dalam periode peak season akhir tahun,” ujar Dwi.(Z-10)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat