visitaaponce.com

Penyuluh KUA Menteng Dilatih BSI Maslahat Dampingi UMKM

Penyuluh KUA Menteng Dilatih BSI Maslahat Dampingi UMKM
Para penyuluh KUA Menteng, Jakarta Pusat, memperoleh Workshop Peningkatan Kapasitas Pendamping UMKM yang digelar BSI Maslahat.(Dokpri.)

PARA penyuluh Kantor Urusan Agama (KUA) Menteng, Jakarta Pusat, memperoleh Workshop Peningkatan Kapasitas Pendamping UMKM yang digelar BSI Maslahat, Senin (18/12). Workshop yang berlangsung selama dua hari ini merupakan bagian dari program kolaborasi BSI Maslahat dalam upaya pemberdayaan ekonomi umat yang diinisiasi Kementerian Agama.

KUA Menteng merupakan salah satu unit yang ditunjuk Kementerian Agama untuk berkolaborasi dengan BSI Maslahat dalam program pemberdayaan ekonomi umat. "Sebagai tahap awal, kami menyelenggarakan workshop ini untuk meningkatkan kapasitas pendamping UMKM di KUA Menteng," ujar Direktur Care Program BSI Maslahat Ilham Syahputra. 

Ilham menjelaskan program-progam karitas, ZIS, serta penghargaan-penghargaan yang BSI Maslahat raih agar para peserta lebih mengenal lembaga. "Terima kasih saya ucapkan kepada peserta yang sudah hadir. Semoga dengan agenda ini mudah-mudahan bisa bermanfaat bagi Bapak/Ibu sekalian," ucapnya.

Baca juga: 20 Unit Damkar Tambahan Diterjunkan ke Blok M Square

Kepala KUA Menteng Bapak Thowilan menyampaikan apresiasinya kepada BSI Maslahat atas penyelenggaraan workshop ini. "Workshop ini sangat bermanfaat bagi kami sebagai penyuluh KUA Menteng," ujar Thowilan.

Sebagai langkah awal telah disepakati menyelenggarakan pelatihan bagi para penyuluh KUA Menteng agar memiliki kapasitas sebagai pendamping UMKM. Tujuan workshop ini antara lain meningkatkan sikap, pengetahuan, dan keterampilan para peserta dalam melakukan pendampingan UMKM secara efektif. 

Materi workshop mencakup berbagai topik terkait kewirausahaan, manajemen dan pendampingan UMKM, seperti filosofi pemberdayaan, model bisnis canvas, manajemen pemasaran UMKM, budgeting UMKM, hingga teknis pendampingan, dan pelaporan. Dengan demikian diharapkan para penyuluh KUA Menteng dapat menjadi pendamping UMKM yang andal di lingkungan mereka masing-masing.

Baca juga: Dishub DKI Kewalahan Identifikasi Pemasang Stiker Caleg di Bus TransJakarta

Workshop ini diharapkan dapat meningkatkan kapasitas pendamping UMKM di KUA Menteng sehingga dapat mendampingi UMKM secara lebih efektif. BSI Maslahat ialah lembaga zakat mitra strategis dari PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) yang terdepan dalam menguatkan ekosistem ekonomi syariah. (RO/Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat