visitaaponce.com

Waspada Cuaca Ekstrem hingga 1 Februari

Waspada Cuaca Ekstrem hingga 1 Februari
Pengendara motor menggunakan jas hujan plastik di kawasan Blom M, Jakarta Selatan(MI/RAMDANI)

BADAN Meteorologi Klimatologi Geofisika (BPBD) mewaspadai adanya peningkatan curah hujan sedang hingga lebat pada 29 Januari sampai 1 Februari.

Kasatpel Pengolahan Data dan Informasi BPBD DKI Jakarta, Michael Sitanggang mengatakan hujan dengan intensitas lebat tersebut akan berlangsung di Jakarta dan sekitarnya.

"Kondisi tersebut dipicu oleh aktivitas Monsun Asia yang disertai adanya potensi seruakan dingin sehingga berpengaruh terhadap peningkatan massa udara basah di wilayah Indonesia bagian barat dan selatan ekuator," jelasnya melalui keterangan tertulis, Senin (29/1).

Baca juga: Hujan Deras, Empat RT dan Dua Jalan di Jakarta Barat Tergenang

Lebih lanjut, berdasarkan informasi BMKG, Michael menjelaskan masih aktifnya gelombang ekuator Rossby dan Kelvin di sekitar wilayah Indonesia bagian tengah turut memicu pembentukan awan hujan, serta terbentuknya pola belokan dan pertemuan angin yang memanjang di selatan ekuator sebagai dampak dari penguatan angin Monsun Asia.

"Masyarakat dihimbau untuk selalu waspada dan siaga untuk mengantisipasi dampak dari cuaca ekstrem," jelasnya.

Baca juga: 1.258 Bencana Terjadi di Jakarta pada 2023, Kebakaran dan Banjir Mendominasi

"Bila menemukan keadaan darurat yang membutuhkan pertolongan, segera hubungi Call Center Jakarta Siaga 112," pungkasnya. (Far/Z-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat