visitaaponce.com

Pj Gubernur DKI Heru Budi Tanam 50 Pohon di Waduk Jagakarsa

Pj Gubernur DKI Heru Budi Tanam 50 Pohon di Waduk Jagakarsa
Waduk Jagakarsa(MI/Susanto)

Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono menanam 50 pohon dan menebar 10 ribu benih ikan di Waduk Jagakarsa, Jakarta Selatan, Jumat (16/2). Langkah itu dilakukan sebagai upaya menambah fungsi dari infrastruktur air tersebut.

"Hari ini kita menanam sekitar 50 pohon di sekitar Waduk Jagakarsa. Jenis pohonnya Tabebuya. Ini sinergi kita bersama Kadin DKI Jakarta, di mana mereka sudah menanam sekitar 1.000 pohon sejauh ini. Mudah-mudahan bermanfaat bagi warga sekitar," ujar Heru di Jakarta, Jumat.

Waduk Jagakarsa memiliki luas sekitar 8.000 meter kubik yang dapat menampung 17.000 kubik air. Dengan dilakukan penanaman pohon, fungsi waduk sebagai pengendali banjir saat curah hujan tinggi di Jakarta Selatan diharapkan semakin maksimal. Pembangunan waduk lain juga masih terus diupayakan untuk meminimalkan dampak musim penghujan.

Baca juga : Heru Budi: Waduk Kampung Rambutan Dua Bisa Kendalikan Luapan Kali Cipinang

"Jadi tahun ini kita akan membangun tiga embung di Jakarta. Salah satunya sudah terbangun di Jagakarsa. Tinggal dua lagi yang masih proses. Selain untuk menampung kebutuhan air bersih, juga sebagai pencegahan banjir," jelasnya.

Adapun, kegaitan menebar benih ikan di Waduk Jagakarsa dilakukan untuk menambah stok ikan di perairan umum. Itu diharapkan mampu meningkatkan keanekaragaman sumber daya ikan yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat. Selain itu, kegiatan tersebut juga dilakukan untuk menjaga keseimbangan ekosistem di perairan umum sebagai upaya pelestarian sumber daya perairan.

Dua kegiatan itu dilakukan secara sinergi antara Pemprov DKI Jakarta dan Kamar Dagang dan Industri (Kadin) DKI Jakarta. (Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat