visitaaponce.com

Anggota DPRD Banyak Usulan Warga di Musrenbang Diabaikan Pemprov DKI Jakarta

Anggota DPRD : Banyak Usulan Warga di Musrenbang Diabaikan Pemprov DKI Jakarta
Ilustrasi Musrenbang di DKI Jakarta(Dok. Bappeda DKI Jakarta )

ANGGOTA Komisi C DPRD DKI Jakarta Karyatin Subiantoro meminta Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono untuk tidak mengabaikan usulan masyarakat yang sudah disampaikan dalam forum Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang).

“Hasil Musrenbang tahun 2022 untuk 2023 masih banyak usulan yang tidak terlaksana dan tidak ada penjelasan kenapa tidak dilaksanakan, masyarakat menunggu itu,” ujarnya kepada awak media, Rabu (21/2).

Ia mengatakan, jika usulan masyarakat diabaikan, kedepannya musrenbang bisa tidak diminati warga karena merasa tidak diprioritaskan oleh pemerintah.

Baca juga : Sampah APK Pemilu 2024 di Jakarta akan Diolah Jadi Bahan Bakar Alternatif

“Jadinya masyarakat punya persepsi tidak perlu ada Musrenbang lagi, karena artinya musyawarah rencana ngambang-ngambang. Mereka capek sudah disampaikan bertahun tahun tapi tidak terealisasi,” ungkap dia.

Ia menjelaskan, adapun kekecewaan masyarakat memuncak saat permohonannya akan kebutuhan di wilayah seperti perbaikan jalan rusak serta perbaikan fasilitas umum yang disampaikan dalam forum Musrenbang dan reses dewan dianggap hanya wacana dan tidak serius.

“Bahkan beberapa sudah dilakukan survei terhadap permintaan masyarakat, tapi tidak ditindaklanjuti. Jangan sampai masyarakat men-cap anggota dewan reses hanya seremonial,” ucap dia.

Karyatin berharap Pemprov melalui satuan kerja perangkat daerah (SKPD) terkait segera melunasi hutang-hutang program usulan masyarakat yang belum terealisasi.

“Apalagi Musrenbang tahun 2025 sangat dibatasi perRW hanya boleh lima usulan. Harusnya seluruh usulan masyarakat diakomodir, apa saja, nilainya berapa, dimana titiknya. Sehingga masyarakat bisa ikut melaksanakan fungsi pengawasan pelaksanaan,” kata dia. (Z-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat