visitaaponce.com

Ide Zaki untuk Pembangunan Jakarta sebagai Kawasan Aglomerasi

Ide Zaki untuk Pembangunan Jakarta sebagai Kawasan Aglomerasi
Monas.(AFP/Yasuyoshi Chiba)

KETUA DPD Golkar DKI Jakarta Ahmed Zaki Iskandar menilai perluasan kawasan aglomerasi yang mencakup wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, dan Cianjur (Jabodetabekjur) menjadi tantangan. Salah satu tantangannya terkait dengan integrasi pembangunan.

Apalagi jika tingkat urbanisasi di Jakarta tetap tinggi, hal ini akan menambah permasalahan. Utamanya, soal risiko peningkatan angka pengangguran yang saat ini juga tinggi.

"Semua harus paralel. Masalah ekonomi banyak sekali, pengangguran di Jakarta. Kita harus menciptakan lapangan kerja," terang dia dalam keterangan tertulisnya, Senin (25/3).

Baca juga : Usaha Tiongkok Perluas Lapangan Kerja dan Menstabilkan Pasar Rumah

Bakal calon Gubernur DKI itu pun menilai bahwa Jakarta sekarang bukan lagi daerah industri, melainkan jasa. Jadi yang harus dilakukan ialah peningkatan soft skill masyarakat. Begitu juga dengan kesempatan bekerjanya.

"Sebagai daerah pusat bisnis dan ekonomi, kesempatan bekerja akan terbuka apabila kesempatan usaha kita buka seluas-luasnya. Beda dengan industri. Kita bisa bantu pabrik yang mempekerjakan 5.000-10.000 karyawan. Di Jakarta tidak memungkinkan lagi," tutur Bupati Tangerang periode 2013-2023 tersebut.

Oleh karenanya, Bang Zaki melihat potensi pemanfaatan Balai Latihan Kerja (BLK) di Jakarta untuk menciptakan tenaga kerja terampil, sehingga bisa mengisi kebutuhan industri, seperti yang dilakukan di Tangerang. Di antaranya pembekalan pelatihan untuk tukang cukur, juru masak, tenaga pengamanan, tenaga kebersihan, sopir pribadi, asisten rumah tangga, hingga pengasuh bayi. Ini telah menjadi kebutuhan masyarakat Jakarta yang punya aktivitas padat.

"Lapangan kerja yang pada saat ini demand-nya sangat tinggi di Jakarta. Kenapa tidak kita bekali masyarakat Jakarta untuk mendapatkan skill tersebut," tutup Bang Zaki. Antisipasi yang baik akan menjadikan Jakarta lebih terarah. Jika tidak, Jakarta akan menjadi tempat pengangguran saja. (Z-2)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat