visitaaponce.com

8 Juta Warga akan Tinggalkan Jakarta di Musim Libur Lebaran

8 Juta Warga akan Tinggalkan Jakarta di Musim Libur Lebaran
Aktivitas warga dan calon penumpang di halaman Stasiun Kereta Api Pasar Senen, Jakarta.(Dok. MI/Usman Iskandar)

SEBANYAK 8 juta penduduk Jakarta diprediksi meninggalkan Ibukota pada musim libur lebaran 2024. Pergerakan arus mudik Lebaran 2024 disebut sudah mulai terjadi pada har ini, Jumat, 5 April 2024.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) DKI Jakarta Budi Awaludin menjelaskan, kondisi tersebut selaras dengan prediksi peningkatan jumlah pemudik secara nasional, pada momentum Hari Raya Idul Fitri 1445

“Kalau lihat prediksi secara nasional itu disampaikan akan ada kenaikan 60 persen pemudik, yaitu dari 123 juta menjadi 193 juta,” ujar Budi saat diwawancarai, Jumat (5/4).

Baca juga : Ganjil-genap Berlaku Selama Mudik Lebaran 2024, Ini Detailnya

Ia menjelaskan, sekitar 60 persen sampai 70 persen penduduk Ibu Kota bakal mudik ke kampung halamannya. Data tersebut berdasarkan hasil koordinasi antara Dukcapil dengan Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta, mengenai pemantauan pergerakan pemudik di Jakarta.

“Bagaimana dengan Jakarta, kami memperkirakan pemudik itu sekitar 60 atau 70 dari penduduk Jakarta, yaitu sekitar 7 juta sampai 8 juta yang akan mudik,” ungkap Budi.

Berdasarkan survei Kementerian Perhubungan (Kemenhub), jumlah pemudik pada momen Lebaran 2024 dari wilayah Jabodetabek diperkirakan mencapai 28,4 juta orang.

Baca juga : Kendaraan Menuju Puncak Dialihkan ke Bogor

Dari jumlah tersebut, sebanyak 8,26 juta orang atau 29,05 persen diperkirakan menggunakan jasa kereta api untuk berangkat ke kampung halaman.

Selain itu terdapat 7,89 juta warga Jabodetabek yang memilih menggunakan transportasi bus antar kota dan antar provinsi (AKAP).

Untuk rencana perjalanan mudik, paling banyak warga memilih berangkat pada 6 April 2024. Jumlah diperkirakan mencapai 5,20 juta orang.

(Z-9)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat