visitaaponce.com

1,5 Juta Kendaraan Keluar Jabotabek hingga Hari Pertama Lebaran

1,5 Juta Kendaraan Keluar Jabotabek hingga Hari Pertama Lebaran
Sejumlah kendaraan melintas di Gerbang Tol Cikampek Utama menuju arah Tol Cipali di Karawang, Jawa Barat.(MI/BILAL NUGRAHA GINANJAR)

PT Jasa Marga (Persero) Tbk mencatat  1.564.278 kendaraan meninggalkan wilayah Jakarta, Bogor, Tangerang, dan Bekasi (Jabotabek) hingga Lebaran hari pertama. Jumlah itu tercatat pada periode H-7 sampai dengan hari pertama Idul Fitri 1445 Hijriah atau Rabu-Rabu, 3-10 April 2024.

"Angka tersebut merupakan angka kumulatif arus lalu lintas (lalin) dari empat gerbang tol (GT) barrier/utama," kata Marketing and Communication Department Head Jasa Marga Faiza Riani melalui keterangan tertulis, Kamis (11/4).

Keempat GT tersebut yakni GT Cikupa yang menuju arah Merak, Banten, dan GT Ciawi yang menuju arah Puncak, Jawa Barat. Kemudian, GT Cikampek Utama yang menuju arah Trans Jawa, dan GT Kalihurip Utama yang menuju arah Bandung, Jawa Barat.

Baca juga : Hingga H-1 Lebaran, 1,3 Juta Kendaraan Telah Meninggalkan Jabotabek

Kendaraan yang meninggalkan Jabotabek tersebut terdistribusi melalui tiga arah. Sebanyak 919.862 kendaraan atau 58,8 persen menuju arah Timur atau Trans Jawa dan Bandung.

Kemudian, 376.133 kendaraan atau 24 persen menuju arah Barat atau ke Merak. Lalu, 268.283 kendaraan atau 17,15 persen menuju arah Selatan atau ke Puncak.

Faiza memerinci kendaraan yang ke arah timur atau melalui Trans Jawa dan Bandung yang meninggalkan Jabotabek. Kendaraan yang menuju arah Trans Jawa melalui GT Cikampek Utama Jalan Tol Jakarta-Cikampek sejumlah 641.349.

Baca juga : 681 Ribu Kendaraan Tinggalkan Jabotabek Saat Libur Panjang Imlek

"Jumlah itu meningkat sebesar 208 persen dari lalu lintas normal," ujar Faiza.

Kemudian, kendaraan yang menuju arah Bandung melalui GT Kalihurip Utama Jalan Tol Cipularang, sejumlah 278.513 kendaraan. Angka itu meningkat sebesar 18,76 persen dari lalin normal.

"Total lalin meninggalkan Jabotabek menuju arah Trans Jawa dan Bandung melalui kedua GT tersebut adalah sebanyak 919.862 kendaraan, meningkat sebesar 107,76 persen dari lalin normal," jelas Faiza.

Berikutnya, kendaraan yang meninggalkan Jabotabek menuju arah Merak melalui GT Cikupa Jalan Tol Tangerang-Merak sebanyak 376.133 kendaraan. Angka itu meningkat sebesar 3,32 persen dari lalin normal.

"Sementara itu, jumlah kendaraan yang meninggalkan Jabotabek menuju arah Puncak melalui GT Ciawi Jalan Tol Jagorawi sebanyak 268.283 kendaraan, meningkat 0,21 persen dari lalin normal," ucap Faiza. (Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat