visitaaponce.com

Gunung Ruang Kembali ke Level Awas, 38 Penerbangan Terganggu

Gunung Ruang Kembali ke Level Awas, 38 Penerbangan Terganggu
Foto udara memperlihatkan kondisi kawah Gunung Ruang yang masih mengeluarkan asap putih di Kabupaten kepulauan Sitaro (Siau Tagulandang Biar(ANTARA FOTO/HO PVMBG)

PUSAT Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi Kementerian ESDM melaporkan erupsi Gunung Ruang kembali terjadi pada Selasa (30/4) pagi. Aktivitas vulkanis terbaru gunung tersebut terjadi pukul 08.35 Wita dengan tinggi kolom abu teramati ± 5000 meter di atas puncak.

Penjabat Bupati Kepulauan Siau Tagulandang Biaro, Sulawesi Utara, Joi Eltiano Bernadin Odoh dalam keterangan tertulisnyan menyampaikan perpanjangan status tanggap darurat usai Gunung Ruang kembali erupsi.

"Perpanjangan status tanggap darurat erupsi Gunung Ruang berlangsung selama 14 hari, terhitung sejak tanggal 40 April hingga 14 Mei 2024," seru Joi Eltiano.

Baca juga : Erupsi Gunung Ruang, Bandara Sam Ratulangi Ditutup Sementara

Masyarakat yang bermukim di wilayah Pulau Tagulandang, yang masuk dalam radius 6 Km agar segera dievakuasi ke tempat aman di luar kawasan rawan bencana (KRB) itu.

Masyarakat diimbau untuk selalu menggunakan masker untuk menghindari paparan abu vulkanik yang dapat mengganggu sistem pernafasan.

Tidak hanya itu, penerbangan di Bandar Udara Sam Ratulangi Manado kembali terganggu. Sebanyak 38 penerbangan ditunda hingga Rabu (1/5).

Baca juga : Gunung Ruang Kembali ke Level Awas, 38 Penerbangan Terganggu

"Keadaan ini mengharuskan pihak bandara untuk tidak melakukan penerbangan. Ada 3.842 penumpang jug ikut batal terbang," ungkap I Maya Damayanti, General Manager PT Angkasa Pura I.

Saat operasional bandara diinfokan dihentikan sementara, ada sembilan pesawat yang berada di posisi apron dan tiga pesawat yang terparkir dalam apron.

"Kami berharap penumpang bisa memaklumi atas bencana dampak erupsi gunung ruang ini dan para calon penumpang bisa menghubungi maskapai penerbangan masing masing untuk me-reschedule atau me-refund tiketnya," seru Maya. (LN)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Reynaldi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat