visitaaponce.com

Selama Seminggu, Dishub DKI Jakarta Tertibkan 216 Juru Parkir Liar

Selama Seminggu, Dishub DKI Jakarta Tertibkan 216 Juru Parkir Liar
Petugas Dinas Perhubungan (Dishub) melakukan razia juru parkir liar di Jakarta.(Dok. Antara)

DINAS Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta berhasil menertibkan total 216 jukir atau juru parkir liar. Jumlah tersebut hasil patroli parkir liar sejak 15 sampai 21 Mei 2024 dengan total 193 lokasi perparkiran yakni.

Kepala Dishub, Syafrin Liputo menjelaskan penertiban dilakukan di lima wilayah administrasi Jakarta. Total juru parkir liar yang ditindak dengan surat pernyataan untuk tanggal 21 Mei 2024 sebanyak 89 Juru Parkir.

"Penindakan yang dilakukan adalah pembinaan secara persuasif, humanis dan diberikan surat pernyataan," ujar Syafrin dalam keterangan tertulis, Rabu (22/5).

Baca juga : Kabar Baik Buat Jukir! Heru Budi Hartono akan Beri Pekerjaan pada Juru Parkir Liar

Syafrin melanjutkan, penindakan jukir liar ini dilaksanakan serentak di 5 wilayah Jakarta mulai pukul 08.30 WIB. Penertiban ini bersama dengan stakeholder lainnya seperti Satpol PP, TNI-Polri.

Sebelumnya, penertiban parkir liar ini akan dilaksanakan selama satu bulan atau sampai 15 Juni 2024. Syafrin berujar, penertiban sebulan ini bersifat humanis persuasif. Artinya, para jukir liar yang tertangkap hanya akan didata dan mendapat sosialisasi.

"Yang kami lakukan adalah berupa pembinaan, kemudian edukasi kepada juru parkir liar, dan juga dilakukan pendataan. Setelah itu yang bersangkutan diminta untuk membuat surat pernyataan untuk tidak melakukan pengaturan parkir secara liar," ujar Syafrin.

Baca juga : Heru Budi Pastikan Ketua RT yang Terima Pungli dari Jukir Liar Bisa Dicopot

Selanjutnya, data tersebut akan diserahkan kepada Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi, dan Energi (Disnakertransgi) untuk diberi pekerjaan sesuai keahlian masing-masing.

"Hasil pendataan ini kami koordinasikan lebih lanjut dengan rekan-rekan dari Dinas Tenaga Kerja untuk mereka di data kemudian diinventarisir kira-kira base-nya mereka itu ke bidang apa dan kemudian disiapkan diklat dan pelatihannya," urai Syafrin.

(Z-9)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat