visitaaponce.com

Pengamat Sebut Ridwan Kamil Lawan Seimbang untuk Anies di Pilkada Jakarta

Pengamat Sebut Ridwan Kamil Lawan Seimbang untuk Anies di Pilkada Jakarta
Ridwan Kamil (kanan).(ANTARA/YULIUS SATRIA WIJAYA)

PENGAMAT Politik asal Universitas Eaa Unggul Jamiluddin Ritonga menyebut majunya kembali Anies Baswedan dalam kontestasi politik akan mengubah mengubah peta calon gubernur (cagub) yang akan diusung pada Pilkada Jakarta.

Setidaknya, Jamiluddin mengatakan, kubu Koalisi Indonesia Maju (KIM) akan memilih cagub yang popularitas dan elektabilitasnya setara dengan Anies.

"Sosok yang dinilai setara dengan Anies tentulah Ridwan Kamil. Dua sosok ini selain punya kapasitas yang mumpuni, popularitas dan elektabilitasnya juga tak berbeda signifikan," jelasnya kepada Media Indonesia, Jumat (14/6).

Baca juga : Survei: Ahok dan Anies Posisi Teratas Calon Gubernur Jakarta

Ia menjelaskan, KIM yang sebelumnya menjadi rival kubu Anies, tampaknya akan memilih Ridwan untuk maju di Pilkada Jakarta.

"Sebab, KIM tampaknya memang ingin menguasai Jakarta, selain tentunya tak ingin Anies punya akses politis lagi. Hal itu akan membahayakan KIM pada 2029," ujarnya.

Ia menegaskan, jika Ridwan maju di Jakarta, Anies tentunya akan punya lawan tanding sepadan.

"Karena itu, siapa yang menang diantara dua sosok itu akan ditentukan dua hal, yaitu cawagub yang dipilih dan mesin politiknya," ujar dia. (Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat